Unduh Aplikasi

Di Akhir Masa Jabatan, Anggota DPRA Ramai-Ramai ke Luar Negeri

Di Akhir Masa Jabatan, Anggota DPRA Ramai-Ramai ke Luar Negeri
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Sisa masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) hanya tinggal tiga bulan lagi. Di penghujung tugas ini, para wakil rakyat mengagendakan banyak kegiatan ke luar negeri.

Berdasarkan data yang diperoleh AJNN, hampir semua komisi mempunyai agenda ke luar negeri, bahkan ada yang berangkat ke dua negera dari satu komisi yang sama.

Sejauh ini, beberapa anggota DPRA memang sudah menyelesaikan kunjungannya. Namun, juga ada yang masih berada di luar negeri dan yang belum berangkat.

Sebenarnya, tak hanya anggota dewan saja yang berkunjung ke sana, beberapa staf mereka juga ikut dibawa.

Nama-nama anggota DPRA yang berangkat ke luar negeri. Foto: Ist

Dalam data yang beredar tersebut, adapun anggota DPRA yang sudah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri yakni, Komisi VI ke Rusia pada 17 sampai 23 Juni 2019, rombongan yang ikut sebanyak 7 orang terdiri dari 5 dewan dan 2 staf.

Komisi V ke Belanda pada 23 sampai 29 Juni 2019, juga sebanyak 7 orang yang terbagi dari 5 dewan dan 2 staf.

Kemudian, pada 25 Juni hingga 1 Juli 2019, Ketua DPRA M Sulaiman bersama Abdurrahman Ahmad dan Usman Abu Bakar baru saja pulang dari Kerajaan Arab Saudi dan Mesir. Mereka hanya membawa seorang staf.

Untuk saat ini, 4 anggota dewan dengan 2 orang staf dari Komisi VI dikabarkan masih berada di Australia, jadwal mereka di negeri kangguru itu hingga 7 Juli 2019.

Selain itu, juga ada anggota DPRA yang belum berangkat, antara lain seperti dari Komisi III, mereka berencana bakal berkunjung ke Thailand pada 29 Juli sampai 4 Agustus 2019.

Selanjutnya, Komisi VII akan menuju Maroko pada 21 hingga 27 Juli 2019. Dan terakhir Komisi V diagendakan berangkat ke Mesir juga pada 21 sampai 27 Juli 2019.

Nama-nama anggota DPRA yang akan berangkat ke luar negeri. Foto: Ist

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRA, Suhaimi membenarkan adanya studi anggota dewan dari berbagai komisi itu ke luar negeri. Namun dirinya tidak menjelaskan secara rinci kemana saja tujuan kunjungan di negara tersebut serta berapa total anggaran yang dihabiskan.

"Iya benar ada, ada yang sudah balik, cuman data itu tidak ada sama saya lengkap. Dan ada juga yang belum berangkat," kata Suhaimi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (4/7).

Suhaimi hanya menegaskan saja bahwa keberangkatan anggota DPRA ke luar negeri itu sudah sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Itu prosesnya sudah melalui mekanisme yang diatur dalam berbagai regulasi," tuturnya.

Untuk diketahui, masa jabatan anggota DPRA periode 2014-2019 akan berakhir pada 30 September ini. Kemudian akan digantikan oleh anggota dewan terpilih dalam Pemilu 17 April 2019 lalu.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...