Unduh Aplikasi

Di Aceh Utara, Dana Desa Dimanfaatkan Buka Lahan Perkebunan Cabai

Di Aceh Utara, Dana Desa Dimanfaatkan Buka Lahan Perkebunan Cabai
Foto: For AJNN

ACEH UTARA - Gampong Riseh Teungoh, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, memanfaatkan dana desa untuk membudidayakan tanaman cabai. Hal itu dilakukan guna untuk pemberdayaan kebutuhan dasar ekonomi masyarakat setempat.

Kepaka Dusun Cot Timu, Gampong Riseh Teungoh, Munazar M Jamil mengatakan, budidaya cabai tersebut dilakukan oleh beberapa kelompok tani di bawah binaan Badan usaha Milik Gampong (BUMG).

“Sejak dikucurkan dana desa tahun 2015 lalu oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa. Kami memanfaatkan dana tersebut untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yakni dengan menanam cabai,” katanya, Selasa (18/2).

Dikatakannya lagi, budidaya cabai merupakan bagian dari pemanfaatan lahan kosong untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat desa. Selain itu juga memanfaatkan potensi desa dan penyediaan lapangan kerja bagi penduduk setempat.

“Tahun ini (2020) dana desa akan dikembangkan lagi ke sektor holtikultura, khususnya di bidang budidaya cabai dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan perekonomian warga desa,” ujarnya.

Sambungnya, dengan adanya dana desa juga dapat membantu petani serta mengurangi pengangguran.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Musliadi Harun mengatakan, budidaya cabai yang dilakukan oleh masyarakat di desanya telah mencapai tujuh hektare.

“Pada tahun 2019 pengembangan budidaya cabai di sini telah mendapat dukungan dan ikut difasilitasi oleh dinas pertanian provinsi serta kabupaten,” tuturnya.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...