Unduh Aplikasi

Di Aceh Tengah, Ada Sekolah Negeri Tanpa Guru PNS

Di Aceh Tengah, Ada Sekolah Negeri Tanpa Guru PNS
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH TENGAH - Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Aceh Tengah masih kekurangan guru, terutama untuk guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Ini dinilai tidak seimbang dengan tuntutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah penghasil kopi Arabika itu.

Ketua Komisi D DPRK Aceh Tengah Salman, mengatakan jika berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Aceh Tengah, saat ini dari delapan orang siswa seharusnya mempunyai satu orang guru di sekolah negeri

"Tapi kenyataannya masih ada sekolah yang tidak mempunyai guru PNS, bahkan kepala sekolahnya juga tidak berstatus PNS," kata Salman dalam pertemuan dengan kepala Sekolah, UPTD dan pihak Dinas Pendidikan Aceh Tengah di Gedung DPRK setempat, Jumat, (16/12).

Salah satu yang menjadi sorotan yakni d SD 11 Atu Lintang. Pasalnya di sekolah tersebut hingga kini tak mempunyai guru PNS, yang ada hanya guru honorer.

"Yang menjadi pertanyaan lalu bagaimana pertanggung jawaban anggaran sekolah tersebut," ujar Salman.

Kekurangan guru terjadi hampir di setiap kecamatan. Bahkan ada juga guru yang sebelumnya berstatus honorer ketika telah diangkat menjadi PNS pindah ke sekolah lain di perkotaan, kejadian seperti ini kerap terjadi di sekolah-sekolah terpencil.

Dirinya mengungkapkan selain kekurangan guru masalah lainnya adalah masih ada bangunan sekolah yang terkena dampak Gempa Gayo pada 2013 lalu belum diperbaiki, seperti SD kampung Arul Gading dan SD 1 Pamar.

"Yang paling memprihatinkan, ada salah satu sekolah di SD di Kecamatan Celala yang oknum gurunya berjualan di kelas dan memaksa murid untuk membeli jualannya," ungkapnya.

Sementara untuk sekolah Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) hanya terdapat enam sekolah di enam kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Aceh Tengah, idealnya setiap kecamatan memiliki satu SDLB.

Komentar

Loading...