Unduh Aplikasi

Dewan Pidie: Perencanaan Target PAD Dibuat Asal-asalan

Dewan Pidie: Perencanaan Target PAD Dibuat Asal-asalan
Anggota Banggar DPRK Pidie Mahfud Ismail. Foto: Salman

PIDIE - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie bakal memangkas program yang diusulkan ekskutif dalam Anggaran Pembangunan Belanja Kabupaten (APBK). Pasalnya perencanaan target Pendapat Asli Daerah (PAD) dibuat asal-asalan, efeknya nanti di dalam berjalannya anggaran tahun 2018 akan banyak program-program yang harus dibintangkan atau terpotong.

"Menurut kajian kami dalam pembahasan R-APBK tahun 2018, target PAD yang dibuat oleh dinas tidak ada asumsi sama sekali. Bahkan tidak ada acuan tepat," ungkap Anggota Banggar DPRK Pidie Mahfud Ismail kepada AJNN, Kamis (25/1).

Setiap perencanaan anggaran, kata Mahfud, seharusnya Pemerintah Pidie harus mempunyai patron kerja yang jelas dalam penyusunan perencanaan baik itu target PAD atau target penerimaan lainnya dari semua sumber pendapatan yang ada.

Baca: Wabup Pidie Larang Pejabat Keluar Daerah Selama Pembahasan R-APBK

"Setelah melihat secara detail dalam pembahasan R-APBK Pidie 2018, ternyata hampir semua dinas realisasi PAD tahun 2017 sangat rendah," katanya.

Kata dia, anggota Banggar juga menilai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan dinas terkait terkesan tidak serus membuat program target PAD. Padahal harapan masyarakat, pengelolaan PAD itu harus benar-benar sesuai potensi daerah.

"Untuk menjadikan daerah Pidie ini menjadi maju, maka eksekutif harus betul-betul terukur semua sistem perencanaan anggaran dan juga dalam mengusulkan program kegiatan," ujar Mahfud.

Komentar

Loading...