Unduh Aplikasi

Dewan Minta Dishub Larang Truk Besar Lintasi Jalan Palimungan

Dewan Minta Dishub Larang Truk Besar Lintasi Jalan Palimungan
Kondisi jembatan Palimungan. Foto: Ist

ACEH BARAT - Wakil Ketua Dua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Ramli SE, meminta dinas perhubungan serta dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) setempat melarang aktivitas kendaraan alat berat serta mobil pengangkut material galian c melintasi Jalan Palimungan, Kecamatan Kaway XVI.

Menurut Ramli, Jalan Palimungan yang menghubungkan Kecamatan Pantee Ceureumen itu merupakan jalan kelas tiga, sehingga tidak layak dilintasi alat berat.

"Itu selama ini sering dilintasi truk pengangkut material galian c sepuluh roda dan alat berat. Padahal itu tidak boleh karena itu jalan kabupaten kelas tiga," kata Ramli kepada AJNN, Senin (25/11).

Ia mengungkapkan kalau jalan kelas tiga tersebut hanya mampu menampung beban dengan berat tujuh ton, sedangkan truk pengangkut material galian c sepuluh roda memiliki bobot hingga 25 ton.

Baca: Sering Dilintasi Truk dengan Beban Lebih, Jembatan Palimungan Ambruk

"Kalau truk pengangkut sawit biasa tidak bermasalah karena bebannya tidak berlebih," ujarnya.

Untuk itu, ia meminta kepada dinas perhubungan dapat menertibkan kendaraan dengan beban berlebih untuk melintas jalan tersebut.

"Kami minta PUPR sama Dishub itu untuk menertibkan kendaraan roda sepuluh dan alat berat tidak melintas lewat situ, kalau nggak bisa rusak lagi jalan itu nanti," kata dia.

Komentar

Loading...