Unduh Aplikasi

Dewan Minta Dinas Perhatikan Nasib Petani Kopi

Dewan Minta Dinas Perhatikan Nasib Petani Kopi
ilustrasi. Foto: Net

BENER MERIAH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Bener Meriah minta dinas terkait memperhatikan nasib petani kopi yang merugi akibat harga anjlok karena gagal panen.

Gagal panen kali ini merupakan kondisi terparah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jumat (4/10).

Hal tersebut diungkapkan Anwar anggota DPRK Bener Meriah dari partai Gerindra dalam Rapat Paripurna RKA-P Kabupaten Bener Meriah di gedung DPRK setempat.

“Terutama untuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag), harus memikirkan dan atau mencari solusi dari anjloknya harga,” ujar Anwar.

Selain Disprindag, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan , Dinas Kehutanan dan Perkebunan serta Dinas Koperasi dan UKM, juga diminta ikut memikirkan nasib petani kopi.

”Untuk itu DPRK Bener Meriah terus berupaya untuk menganggarkan alokasi anggaran kepada dinas-dinas ini, agar tidak ada anggapan dinas-dinas ini hanya sekedar ada,“ sebutnya lagi.

Senada dengan Anwar, anggota DPRK lainnya, Usman Yacub mengatakan saat ini kondisi petani kopi di Bener Meriah terutama yang terparah di kecamatan Mesidah begitu memilukan. Saat ini harga kopi Rp 2000 perbambu, selain di kecamatan Mesidah, kondisi ini juga terjadi di kecamatan Bukit, Bandar dan beberapa wilayah di kecamatan lainnya.

”Meski kopi telah berbuah, namun kualitasnya sangat buruk dalam satu kaleng kopi hanya tiga bambu yang kualitasnya baik, sehingga harganya anjlok dan semua ini sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat, dinas terkait harus memperhatikan hal ini” ujarnya.

Akibat cuaca panas beberapa bulan sebelumnya, sebagian besar petani kopi di kabupaten ini mengalami gagal panen meskipun berbuah namun buah kopi rusak dan kosong serta tidak laku dijual.

Beberapa pengumpul tetap menampung namun harganya sangat rendah, harga kopi di Bener Meriah sebelumnya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 12.000 kini terpuruk jauh dan berada di kisaran Rp 2000 hingga Rp 3000. Meski demikian di beberapa tempat kualitas kopi masih cukup baik dan harganya masih normal.

Komentar

Loading...