Unduh Aplikasi

Dewan desak Bupati Pijay tuntaskan soal kilang padi

PIDIE JAYA - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya, Usman A. Jalil  mendesak  Bupati setempat untuk menuntaskan penyebab bangkrutnya 72 unit kilang padi di daerahnya.

Karena, sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat. Terlebih, sekarang ini masyarakat sangat kesulitan mencari pekerjaan.

Menurut politisi dari  Partai Nasional Aceh (PNA) ini, Bupati Aiyub Abbas harus segera memerintahkan stafnya untuk melakukan pendataan yang akurat terhadap  jumlah kilang padi yang telah bangkrut tersebut serta penyebabnya. Masalah seperti ini, tidak boleh dibiarkan berlangsung lama.

“Kami mengimbau agar Bupati Aiyub Abbas turun tangan dalam waktu dekat ini, sehingga membawa manfaat bagi masyarakat banyak. Ini merupakan salah satu tanggung jawab Bupati sebagai kepala daerah terhadap perekonomian rakyatnya,” kata Usman  A Jalil kepada AJNN, Senin (8/12).

Ia juga menyebutkan, data yang diperoleh Komisi B terdapat 83  unit kilang padi, dan  hanya yang mampu melaksanakan aktivitasnya dengan kelengkapan administrasi cuma 5 unit saja, sedangkan sisa lainnya sudah lama tidak beroperasi.

“Kondisi ini, tentu sangat memprihatinkan, karena jumlah yang tidak beroperasi cukup besar, atau 72 unit kilang padi,” sebut Usman.

Selaku anggota dewan, terlebih duduk di Komisi B ia mengaku juga punya tanggung jawab moral memperjuangkan keluh kesah masyarakat, termasuk bagaimana cara menghidupkan kembali kilang padi yang telah bangkrut itu.

“Kami, mengingatkan jajaran Pemkab Pidie Jaya, khususnya Bupati Aiyub Abbas jangan duduk manis saja sebagai Bupati,” ucapnya.

Apapun alasannya, kata Usman A Jalil,  persoalan perekonomian rakyat harus diperhatikan, apalagi mereka punya usaha kilang padi tentu harus dicari jalan keluar agar kegiatan tersebut bisa berdenyut kembali.

"Dengan bergulirnya aktivitas kilang padi yang telah bangkrut itu, maka akan  membawa banyak keuntungan, baik bagi pengusaha maupun  masyarakat pencari pekerjaan sampingan dalam membantu sanak keluarganya," sebut politisi PNA.

Yang perlu menjadi catatan pemerintah dari semua persoalan ini adalah masyarakatnya bisa mencari lapangan kerja dan ditambah pula sisi keuntungan daerah. Seperti pemasukan PAD dari usaha kilang padi yang banyak telah tutup itu.

IKHSAN PM

 

 

Komentar

Loading...