Unduh Aplikasi

Dewan Bisa Panggil Paksa Kadis Lingkungan Hidup Singkil

Dewan Bisa Panggil Paksa Kadis Lingkungan Hidup Singkil
Surat rekomendasi Dinas Lingkungan Hidup Aceh Singkil tentang PT Delima Makmur. Foto: Ist

BANDA ACEH - Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat Aceh (PAKAR) Aceh menilai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Singkil telah menghina Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat karean tidak pernah hadir ketika dipanggil.

Sebelumnya, Panitia Khusus (Pansus) Izin Lingkungan DPRK Aceh Singkil menyesalkan sikap tak kooperatif Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang kembali mangkir dari rapat tim pansus, Senin (2/10) pekan lalu.

Baca: Pansus DPRK Singkil Sesalkan Sikap Tak Kooperatif Kadis Lingkungan Hidup

Direktur Pakar Aceh Muhammad Khaidir mengatakan dewan punya kewenangan untuk memanggil paksa kepala dinas. Pasalnya ketidakhadiran seorang kadis ketika dipanggil merupakan penghinaan terhadap parlemen.

"Apalagi kadis mengabarkan tidak hadir hanya melalui Short Message Service (SMS), ini bisa menjadi sebuah penghinaan, surat harus dibalas dengan surat," kata Muhammad Khaidir kepada AJNN, Rabu (11/10).

Baca: Pansus DPRK Singkil Jadwalkan Ulang Pemanggilan Kadis Lingkungan Hidup

Dalam tata tertib dewan, kata Khaidir, ada tertulis bahwa apabila seseorang dibutuhkan keteranganya oleh dewan, maka dewan bisa segera memanggil orang tersebut. Jika tidak hadir, maka dewan bisa memanggil secara paksa.

"Kadis jika pada panggilan kedua juga tidak hadir, maka dewan bisa memanggilnya secara paksa, karena keterangan kadis sangat dibutuhkan untuk rekomendasi pansus izin lingkungan PT Delima Makmur," jelas Khaidir.

Komentar

Loading...