Unduh Aplikasi

Dewan Aceh Jaya Soroti Jalan Kecamatan Berlumpur

Dewan Aceh Jaya Soroti Jalan Kecamatan Berlumpur
Kondisi jalan lintas kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya. Foto: Ist

ACEH JAYA - Jalan rusak dan berlumpur yang berada di jalan lintas kecamatan tepatnya di desa Blang Dalam, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, kini semakin parah dan membahayakan keselamatan para pengguna jalan.

Pasalnya, jalan yang kerab tertimbun lumpur akibat longsor tersebut sudah sangat mempriatinkan, apalagi di waktu malam hari dan saat diguyur hujan.

"Sudah hampir lima tahun jalan itu rusak dan tertimbun lumpur jika dilanda musim hujan, namun hingga hari ini belum ada solusi untuk mengatasinya," kata anggota DPRK Aceh Jaya, Fitra Akhyar kepada AJNN, Kamis (3/10).

Ia menjelaskan jika lumpur itu merupakan dampak dari longsornya gunung pohon sawit milik salah satu warga Banda Aceh yang berada dipinggir jalan Desa Blang Dalam.

Untuk itu, ia meminta pihak terkait dan pemilik kebun sawit untuk sedikit mempriatinkan terkait kondisi jalan yang sudah sangat dikeluhkan oleh warga.

Apalagi sambungnya, tahun ini dan tahun depan belum ada anggaran untuk peningkatan maupun untuk penanggulangan longsor tersebut.

"Kami berharap selain pihak dinas terkait, pemilik kebun sawit juga harus ada perhatian terkait kondisi jalan saat ini," pinta Akhyar.

Karena jika hanya memperbaiki jalan yang rusak akan sia-sia jika longsor masih kerab terjadi, namun, selain memperbaiki jalan, saluran dan penangan tebing longsor juga sangat dibutuhkan untuk kedepannya.

"Selama ini penanganan yang ditangani oleh dinas PUPR Aceh Jaya secara swakelola hanya untuk membersihkan lumpur bukan untuk mencegah longsor," pungkas Akhyar.

Komentar

Loading...