Unduh Aplikasi

Dewan Abdya sidak puskesmas

ACEH BARAT DAYA - Pasien terpaksa dirujuk ke puskesmas lain atau ke Rumah Sakit Umum Teuku Pekan (RSUTP) Kabupaten Aceh Daya (Abdya). Pasalnya,  Dental unit (alat pemeriksaan gigi) yang ada di Puskesmas Alue Sungai Pinang Kecamatan Jeumpa Kabupaten setempat rusak berat dan tidak ditanggapi Dinas Kesehatan  setempat.

Alat tersebut merupakan bantuan dari Unicef beberapa tahun lalu dibiarkan rusak bahkan bertahun-tahun tak berfungsi. Sehingga layanan kesehatan kepada masyarakat tidak berjalan maksimal.

Hal itu ditemui anggota DPRK Abdya dari Komisi D saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Puskesmas Alue Sungai Pinang Kecamatan Jeumpa Kabupaten setempat,  Selasa (3/3).

Rusaknya alat tersebut, pasien yang akan berobat terpaksa dirujuk ke tempat lain.

"Sudah dua tahun lebih alat ini rusak dan belum diperbaiki. Alat ini kan beda dengan alat sepeda motor, kalau alat sepeda motor begitu rusak langsung kita bawa ke bengkel untuk diperbaiki tapi kalau alat ini tidak bisa kita perbaiki sembarangan, salah kita buka nanti tambah rusak lagi," ungkap salah seorang pegawai di Puskesmas tersebut kepada anggota dewan pada saat melakukan sidak di puskesmas tersebut.

Ketika fewan melakukan sidak dilokasi setempat,  Kepala Puskesmas setempat tidak berhasil ditemukan, saat dihubungi salah seorang pegawai puskesmas handpone-nya tidak aktif.

"Kami tidak tahu ibu kepala kemana dia pergi, karena waktu dia keluar masuk tidak diberitahu kepada kami, tapi kalau kami yang keluar, wajib lapor kepada ibu kepala," tutur pegawai puskesmas tersebut yang tidak mau ditulis namanya.

"Ibu kepala sereng keluar masuk, tapi kami tidak tahu kemana ia pergi,"tambahnya.

Selain itu, anggota dewan juga melihat langsung keadaan bangunan Puskesmas tersebut yang sangat memprihatinkan. Dengan kondisi plafon yang sudah mulai runtuh, dan pintu kamar mandi yang sudah rusak.
RAHMAT

Komentar

Loading...