Unduh Aplikasi

WABUP TEMUKAN PELAJAR MEROKOK

Dewan Abdya: Harus Ada Tindakan Tegas Kalau Guru Merokok di Sekolah

Dewan Abdya: Harus Ada Tindakan Tegas Kalau Guru Merokok di Sekolah
Anggota DPRK Abdya, Ikhsan. Foto: Ist

BANDA ACEH - Beberapa hari lalu, Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT menemukan dan menegur sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Babahrot sedang berkeliaran saat jam sekolah sambil merokok.

Terkait hal ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, Ikhsan menilai kejadian itu menjadi tanggungjawab semua pihak, mulai dari orang tua, pemerintah dan khususnya para tenaga pendidik dalam rangka menjaga lingkungan sekolah yang bebas dari asap rokok.

"Ini juga tanggungjawab kita bersama seluruh komponen masyarakat, orang tua siswa dan juga pemerintah," kata Ikhsan kepada AJNN, Sabtu (21/9).

Menurut Ikhsan, peran tenaga pendidik sangat penting untuk mencegah para siswanya agar terhindar dari rokok, minimal para guru tidak merokok di lingkungan sekolah, apalagi di depan siswa yang cenderung bisa mempengaruhi mereka.

"Kalau dalam ibarat pepatah, guru kencing berdiri murid kencing berlali," ujarnya.

Ikhsan menyampaikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mencanangkan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen Dikbud) Nomor 64 Tahun 2015.

Disebutkan pada pasal 1 ayat (4), kawasan tanpa rokok yang dimaksud adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok maupun memproduksi, menjual, serta mempromosikannya. 

Sedangkan, lanjut Ikhsan, sasaran kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah diterangkan pada pasal 3, yakni mencakup kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, serta pihak lain dalam lingkungan sekolah.

"Jadi di pasal tersebut seharusnya guru menjadi role model dalam mendidik siswa agar mereka tidak merokok di lingkungan sekolah," tutur politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Karena itu, Ikhsan melihat penting bagi Dinas Pendidikan Abdya untuk melakukan sosialisasi aturan tersebut kepada para guru dan siswa di setiap sekolah. Kemudian, pemerintah juga perlu memberikan tindakan tegas terhadap tenaga pendidik (guru) jika masih merokok di lingkungan sekolah.

"Karena itu sudah diatur dalam UU, sebenarnya guru mempunyai peran penting untuk dapat mencegahnya, berawal dari gurunya sendiri yang tidak memberi contoh merokok di depan peserta didik," pungkasnya.

Komentar

Loading...