Unduh Aplikasi

Desa Wisata Pancasila di Agara Merupakan Inisiasi Andi HS

Desa Wisata Pancasila di Agara Merupakan Inisiasi Andi HS
Foto: Ist

BANDA ACEH - Ketua MPR-RI, Bambang Soesatyo, meresmikan Desa Wisata Pancasila di Desa Ketambe, Kutacane, Aceh Tenggara melalui zoom meeting, Rabu (28/10). 

Hadir dalam acara peresmian Desa Wisata Pancasila tersebut, Ketua DPR Kabupaten Aceh Tenggara Denny Febrian Roza, Forkopimda, Ketua Konservasi Pengelola Leuser Ketambe Misuardi, Kepala Desa Bala Lutu Adbandi, Ketua Pemuda Suhardi, dan tokoh masyarakat Desa Balai Lutu Sahudin.

Ternyata, ide awal munculnya Desa Wisata Pancasila itu lahir dari sosok politisi Golkar, Andi Harianto Sinulingga, yang merupakan putra asli dari Aceh Tenggara. 

Awalnya, Desa Wisata Pancasila itu adalah lahan terlantar yang sungainya dipenuhi dengan timbunan pohon-pohon akibat longsor tebing-tebing gunung. 

Saat itu, Andi HS mengajak segenap komponen masyarakat untuk bergotong royong membersikan kali, melakukan penanaman kembali dan menata lokasi sehingga kelihatan indah dan layak di kunjungi orang.

Baca: Ketua MPR Resmikan Desa Wisata Pancasila di Aceh Tenggara

Atas arahan Andi Harianto Sinulingga, Ketua Konservasi Pengelola Leuser Ketambe Misuardi ditunjuk sebagai komandan tim untuk menata kembali lahan yang penuh semak belukar dan tumpakan pohon tumbang tersebut, kemudian menatanya menjadi lebih asri dan nyaman di kunjungi orang.

Tokoh masyarakat Desa Balai Lutu, Sahudin menyatakan kesenangannya melihat lahan yang tadinya tak bermanfaat, sekarang jadi berubah seperti ini. 

"Andi HS pertama kali bicara pada saya tentang ide untuk mengelola desa jadi lokasi wisata," kata Sahudin. 

Tak hanya bicara, kata Sahudin, Andi HS dalam tiga bulan bolak balik dari Jakarta ke Ketembe untuk merealisasikan idenya tersebut.

"Dan nyata terlihat hari ini. Hari ini kami menyemai bibit-bibit pohon untuk nantinya dilakukan penanaman kembali di sekitaran lokasi tersebut," ujarnya. 

Komentar

Loading...