Unduh Aplikasi

Derita Kakek Buta di Gubuk Reot

Derita Kakek Buta di Gubuk Reot
Kondisi rumah kakek Diah

ACEH UTARA – Masa tua yang bahagia selalu didambakan oleh pasangan suami istri di usia senjanya. Hidup bersama anak-anak dan cucu-cucu membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna dan bahagia.

Namun impian itu tidak bisa dirasakan kakek Diah, laki-laki berusia 74 tahun itu menempati gubuk reot dan tidak layak huni bersama istrinya Ajrah (65). Pasangan suami istri tersebut tinggal di kawasan Desa Teungoh, Kecamatan Murah Mulia, Kabupaten Aceh Utara.

Kakek Diah, mengalami kebutaan semenjak dua tahun yang lalu, sementara istrinya saat ini sudah membungkuk dan tidak mampu lagi berjalan normal seperti biasanya, selain itu pendengarannya juga mulai menurun.

Pasangan suami istri ini meneruskan hidupnya di usia senja dalam sebuah gubuk berlantai tanah dan dinding tepas bambu tembus pandang.

Sementara untuk makan dan meneruskan hidup mereka hanya berbekal belas kasih dari tetangganya.

Siapa yang tidak meneteskan air mata, ketika melihat kakek tua dengan kebutaannya, meraba-raba menuju sumur untuk mengambil air wudhuk. Kendati demikian

“Jadi, kita mengunjungi rumahnya, saat kami berbincang, kakek itu menuturkan keinginan di masa tuanya. Dirinya mengatakan, sangat menginginkan lantai ber semen supaya mudah merangkak untuk melaksanakan salat, selain itu supaya bisa beristirahat dengan tenang,” kata Founder LPD Aceh, Musfendi kepada AJNN, Kamis (4/4).

Malam kedinginan, hujan kebasahan, itu yang dirasakan kakek dan istrinya itu. Tidak banyak keinginan pasangan suami istri ini di masa tuanya, mereka hanya ingin menghabiskan sisa hidupnya di rumah yang layak.

“Kita juga sempat berbincang dengan kepala desa setempat, selama ini bukannya tidak di beri bantuan rumah dari Dana Desa, karena hasil musyawarah gampong beliau tidak mencukupi syarat baik dari tanggungan keluarga dan umur sehingga beliau tidak masuk dalam penerimaan rumah dari sumber Dana Desa,” ungkap Musfendi.

Oleh karena itum Musfendi mengajak, bagi dermawan dan masyarakat yang ingin membantu kakek Diah supaya bisa menghabiskan usia senjanya di rumah yang layak, dan dapat melanjutkan hidupnya, salurkan donasi ke ker Rek BNI Syariah 4533 1519 7. Atas nama Lembaga Peduli Dhuafa ( Infak )Dan Bagi Dermawan yang ingin menyalurkan Zakat bisa langsung kirim ke Bank Mandiri Syariah 7771 5515 58 atas nama Lembaga Peduli Dhuafa (Zakat), serta konfirmasi pengiriman ke WA/Hp : 085371266650.

iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...