Unduh Aplikasi

Depresi Sejak Usia 13 Tahun, Ariel Tatum Sempat Mencoba Bunuh Diri

Depresi Sejak Usia 13 Tahun, Ariel Tatum Sempat Mencoba Bunuh Diri
Foto: Matheus Marsely/kumparan

JAKARTA - Di balik senyum dan tawa yang sering ditebarkan di depan publik, Ariel Tatum ternyata menyimpan rahasia yang tak banyak diketahui oleh orang lain.

Dia ternyata sudah mengalami depresi sejak berusia 13 tahun. Ia mengidap Borderline Personality Disorder (BPD) atau kepribadian ambang akut yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Awalnya, dia hanya memendam rahasia itu sendiri. Namun, pemain film 'Oh Baby' ini selalu mencari psikolog atau dokter yang tepat untuk membantunya keluar dari masalah mental tersebut.

"Aku ngumpet dari orang tua, saat itu 'kan aku sudah punya uang jajan sendiri. Aku cari tahu sendiri. Aku sampai ke lima psikolog saat itu," ucap Ariel Tatum dalam seminar 'Let's End the Shame' di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Perempuan berusia 22 tahun ini menyebutkan bahwa hal-hal personal dalam hidupnya membuat dia menjadi depresi. Selain itu, tuntutan pekerjaan sejak masih kecil membuatnya semakin tertekan.

"Aku ada di industri sejak aku kelas 5 SD. Waktu itu aku iklan, terus main film drama musikal. Pas SD mulai muncul gosip-gosip, pada body shaming, itu salah satu faktor," ujarnya.

Saking depresinya, Ariel Tatum sampai pernah melakukan percobaan bunuh diri. Dia kerap melukai bagian-bagian tertentu di tubuhnya.

"Enggak pernah di tangan, aku seringnya di bagian tubuh dalam. Yang di tempat tertutup kayak paha. Salah satunya pakai cutter. Menurut aku udah enggak wajar ya, karena aku pun enggak sadar akan hal itu," katanya.

Ariel Tatum mengatakan bahwa ia belum sepenuhnya sembuh dari gangguan mental yang dialaminya sejak kecil. Akan tetapi, dia selalu berusaha untuk mengontrol dirinya sendiri.

Selain rutin mendatangi psikolog, dia juga kerap melakukan meditasi. Dukungan dari orang-orang sekitarnya juga menjadi faktor penting dalam kesembuhannya.

"Meditasi sangat membantu, makanan yang bagus sangat membantu, istirahat yang cukup juga," tutupnya.

Komentar

Loading...