Unduh Aplikasi

DEMA UIN Ar-Raniry Surati Presiden Terkait Penembakan di KM 50

DEMA UIN Ar-Raniry Surati Presiden Terkait Penembakan di KM 50
Potongan surat DEMA UIN Ar Raniry. Foto: Dokumen AJNN.

BANDA ACEH – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry menyurati Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait penembakan yang menewas 6 warga sipil oleh aparat kepolisian di KM 50 Tol Cikampek. 

Surat yang dikirim pada Sabtu 9 Januari 2021 tersebut ditandatangani langsung oleh Presiden Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Reza Hendra Putra dan Sekretaris Jenderal, Amirul Haq Rd.

Dalam surat tersebut Reza menyebut penembakan tersebut berpotensi menyalahi dan merusak martabat negara yang menjujung tinggi hukum.

"Tindakan aparat tersebut terindikasi sebagai pembunuhan diluar putusan pengadilan dan termasuk dalam kategori pelanggaran hukum," ujar Reza.

Reza juga mengingatkan bahwa mahasiswa juga tidak tinggal diam melihat pelanggaran Hak Asasi Manusia. Untuk itu, pihaknya juga menuntut keadilan dan mengungkap siapa dibalik penembakan terhadap 6 orang warga tersebut.

Selain itu, DEMA UIN Ar Raniry meminta Presiden  segera membentuk tim pencari fakta independen untuk peristiwa yang menewaskan 6 warga sipil di Tol Cikampek Km 50.

"Kemudian segera tindaklanjuti hasil temuan komnas HAM," ujarnya.

Reza juga berharap segera dilakukan proses hukum seadil-adilnya melalui mekanisme pengadilan pidana terhadap kejadian penembakan tersebut, agar tidak menyalahi UUD 1945 yang menjamin setiap jiwa manusia.

MELLI SAPUTRI

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...