Unduh Aplikasi

Delapan Hektar Lahan Gambut di Aceh Barat Terbakar

Delapan Hektar Lahan Gambut di Aceh Barat Terbakar
Foto: Ist

ACEH BARAT - Delapan hektar lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat dilaporkan terbakar. Kebakaran lahan tersebut terjadi di dua titik, yakni Desa Lapang dan Leuhan, Kecamatan johan pahlawan.

Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat belum dapat memastikan penyebab terbakarnya lahan gambut di dua desa itu.

Pusdalops, BPBD Kabupaten setempat, Mashuri, mengatakan hingga saat ini pihaknya sedang terus berupaya melakukan pemadaman terhadap lahan gambut itu.

"Dari luas lahan yang terbakar, kita baru dapat melakukan pemadaman tiga puluh persen dan saat ini petugas sedang terus berupaya memadamkan api," kata Mashuri, Senin, (30/6) malam.

Menurutnya, para petugas kesulitan memadamkan api lantaran mobil pemadam kebakaran tidak dapat masuk ke lokasi.

Akhirnya, kata dia, petugas terpaksa menggunakan alat berupa mesin pompa air di lokasi karhutla tersebut dengan memanfaatkan air dari embung yang ada di kawasan tersebut.

Mashuri menambahkan, kebakaran dapat semakin meluas apabila cuaca terik terus terjadi hingga beberapa hari ke depan, apalagi lahan yang terbakar merupakan kawasan gambut.

Komentar

Loading...