Unduh Aplikasi

Deklarasi Dukungan, Samawi Aceh: Jokowi Dekat Dengan Ulama

Deklarasi Dukungan, Samawi Aceh: Jokowi Dekat Dengan Ulama
Samawi saat mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi di Banda Aceh, (21/10).foto: Ist

BANDA ACEH – Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Provinsi Aceh menyatakan dukungan terhadap Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019 mendatang. Keputusan tersebut diambil karena sosok Jokowi dinilai dekat dengan ulama.

“Hari ini terbukti bahwa Jokowi paling dekat dengan umat islam, beliau mengambil wakilnya dari kalangan ulama," kata pendiri Samawi, Munawar Khalil saat deklarasi dukungan kepada capres nomor urut 1 itu. Deklarasi digelar di Amel Convention Hall Banda Aceh, Minggu (21/10)

Munawar mengatakan sejak berdiri 8 bulan, Samawi telah terbentuk di 10 wilayah yakni Aceh, Sumut, Sumbar, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Kalsel dan NTB.
Keberadaannya diharap dapat menggarap suara pemilih dari kalangan ulama muda yang berbasis di pesantren.

"Ini karena Jokowi sering dibenturkan dengan umat islam, ada yang menyebutkan jokowi anti islam. Samawi lahir untuk mengklarifikasi itu,” katanya.

Koordinator Samawi Provinsi Aceh, Haikal Afifa, mengatakan kehadiran relawan Samawi diharap mampu menjadi wadah yang mencerahkan dan mencerdaskan serta memberikan pendidikan politik kepada generasi muda Aceh. Hal itu kata Haikal seiring dengan kondisi di tanah air menjelang pemilihan presiden yang dipenuhi pemberitaan hoax yang menebar kebencian.

“Kami menyadari bahwa persoalan dukung mendukung saat ini, khususnya di Aceh, menjadi hal yang sensitif. Apalagi saat mendukung Jokowi, ada banyak hoax-hoax bahwa kalau mendukung Jokowi, masuk neraka, buta hati dan sebagainya. Untuk Samawi hadir memberikan pendidikan politik agar masyarakat dan generasi muda Aceh terhidar dari pemahaman, anggapan serta asumsi yang tidak baik,” ujar Haikal Afifa.

Kehadiran relawan Samawi lanjut Haikal, harus menjadi perekat ditengah konflik demokrasi, menyatukan semua elemen yang ada di Aceh dan Indonesia. Kehadiran relawan Samawi juga diharap dapat memberikan kemenangan bagi calon presiden Jokowi.

“Target kami adalah meraih kemenangan walau tidak mutlak tapi bisa mengimbangi,"katanya.

Acara deklarasi tersebut turut diisi tausiah singkat Tgk. H Nuruzzahri Yahya. Dalam tausiahnya, Waled Nu-sapaan akrab Tgk. H Nuruzzahri Yahya-mengajak setiap insan menjaga ukhuwah antar umat beragama. Dia juga meminta kepada setiap pendukung kandidat capres menciptakan suasana teduh, tenang, dan aman.

“Jangan gara-gara pilpres kita terpecah belah dan saling memusuhi. Mari sama-sama kita ciptakan suasana yang tenang dan memilih calon pemimpin dengan nurani,” kata Waled Nu.

 

iPustakaAceh

Komentar

Loading...