Unduh Aplikasi

Dek Gam Minta Kapolri dan PPATK Usut Pemilik Uang Dugaan TPPU di Bank Aceh

Dek Gam Minta Kapolri dan PPATK Usut Pemilik Uang Dugaan TPPU di Bank Aceh
Anggota Komisi 3 DPR RI, Nazaruddin Dek Gam. Foto: Ist

BANDA ACEH - Anggota Komisi 3 DPR RI, Nazaruddin Dek Gam meminta Kapolri dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan rekening basah di Bank Aceh Syariah Cabang S Parman Medan. 

Dek Gam--sapaan Nazaruddin--mengatakan kasus tersebut perlu diungkap ke publik. Pasalnya selama ini Bank Aceh Syariah merupakan bank kebanggaan masyarakat Aceh. 

“Ini perlu diungkap, apa benar ada dugaan praktek rekening basah di bank itu, ini perlu diusut,” tegas Dek Gam, Rabu (30/9).

Baca: Mengungkap Dugaan Rekening Basah di Bank Aceh Syariah

Dek Gam bahkan mengaku akan melaporkan secara khusus ke Kapolri dan PPATK untuk mengusut tuntas kasus tersebut. 

"Ini penting menjadi perhatian khusus Kapolri dengan bekerja sama dengan PPATK untuk memastikan uang itu dari mana," ujarnya. 

Untuk itu, ia meminta kepada keluarga untuk menuliskan surat yang ditujukan kepadanya untuk kemudian diteruskan ke PPATK dan Kapolri. 

"Dua lembaga ini mitra kami Komisi 3, saya akan laporkan secara khusus kasus ini," tegasnya. 

Selain itu, Dek Gam juga menduga adanya dugaan rekening basah tersebut seperti sudah diatur dengan terencana. Hal itu dilihat dari pernyataan keluarga pemilik rekening.

Baca: GeRAK Surati Kapolri Terkait Dugaan TPPU di Bank Aceh Syariah

“Keluarga pemilik rekening malah tidak tahu ada uang sebesar itu, jadi dugaan saya ini sudah diatur dan pasti melibatkan orang-orang yang memiliki kewenangan di bank itu,” ungkapnya.

Kata Dek Gam, apabila kejadian tersebut benar terjadi, Plt Gubernur Aceh harus melakukan evaluasi besar-besaran di bank tersebut. Mungkin banyak rekening-rekening basah lainnya yang selama ini dipraktekkan di bank itu.

“Makanya ini harus diungkap, dan kalau terbukti harus dijerat dengan pasal pencucian uang,” ujarnya.

Komentar

Loading...