Unduh Aplikasi

Debat Capres Kedua, Jokowi dan Prabowo Tarung Bebas

Debat Capres Kedua, Jokowi dan Prabowo Tarung Bebas
Dua capres, Prabowo Subianto dan Joko Widodo, akan menjalani sesi tarung bebas pada debat capres kedua. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

JAKARTA - Debat capres kedua pada Pilpres 2019 antara capres nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto disebut akan menyajikan konsep tarung bebas alias free fight dalam salah satu sesinya selama 16 menit. Konsep itu mengadopsi debat capres di Amerika Serikat (AS).

Debat kedua ini akan digelar pada Minggu (17/2) pukul 20.00 WIB, di The Sultan Hotel, Jakarta. Debat kali ini hanya akan mempertemukan kedua capres, yakni Jokowi dan Prabowo.

Format debat eksploratif atau tarung bebas akan diterapkan di segmen keempat. Pada bagian itu, Jokowi dan Prabowo akan beradu gagasan tanpa dibatasi waktu berbicara. Tersedia 16 menit untuk keduanya saling mendebat dan menanggapi.

Tarung bebas akan diawali dengan pengundian materi. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman akan mengundi satu dari lima tema, yaitu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Setelah tema terpilih, KPU akan memutarkan video berdurasi 30 detik. Video itu kemudian jadi pemantik bagi Jokowi dan Prabowo untuk bertarung. Moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki berperan mengatur alur tarung bebas tersebut.

"Agar debat ini mampu mengirimkan pesan apa program visi misi dari masing-masing pasangan calon karena sesungguhnya itulah tujuan utama dari kegiatan kampanye dalam bentuk debat antar capres," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Jumat (15/2).

Secara umum, debat akan dilangsungkan dalam enam segmen. Total waktu debat yang diperkirakan KPU berkisar 90 hingga 94 menit.

Debat dibuka dengan pemaparan visi dan misi terkait tema pada segmen pertama. Lalu dilanjut dengan penggalian visi dan misi lewat pertanyaan dari panelis di segmen kedua dan ketiga.

Pertanyaan disusun oleh tim panelis yang beranggotakan Joni Hermana (Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Nur Hidayati (Direktur Eksekutif Walhi), Arif Satria (Rektor Institut Pertanian Bogor).

Selain itu, ada Irwandy Arif (ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung), Ahmad Agus Setiawan (pakar energi Universitas Gadjah Mada), Sudharto Prawata Hadi (pakar Lingkungan Hidup), Dewi Kartika (Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

Lalu debat memasuki sesi tarung bebas di segmen keempat. Setelah itu kedua capres akan saling bertanya dan menjawab di segmen kelima. Debat akan ditutup di segmen keenam dengan pernyataan penutup dari masing-masing kandidat.

Selain format tarung bebas, KPU juga melakukan perubahan dengan tidak lagi membocorkan pertanyaan debat. Bahkan hanya tim panel yang mengetahui daftar pertanyaa debat itu.

"Ini rahasia, sangat rahasia bahkan, panelis dan moderator akan menandatangani pakta integritas untuk tidak membocorkan bahasan, atau proses pembahasan dan rumusan narasi pertanyaan ke pihak luar," ujar Arief saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (6/2).

Komentar

Loading...