Unduh Aplikasi

Datok di Aceh Tamiang Diminta Tak Macam-macam dengan Dana Desa

Datok di Aceh Tamiang Diminta Tak Macam-macam dengan Dana Desa
Bupati Hamdan Sati melantik 39 Datok Penghulu ‎baru. Foto : Asrul

ACEH TAMIANG - ‎Bupati Aceh Tamiang Hamdan Sati meminta kepada seluruh Datok Penghulu (Kepala desa-red) di Aceh Tamiang agar tidak macam-macam dalam mengelola dana desa.

"Para Datok Penghulu harus berhati-hati dalam mengelola keuangan desa dan melaksanakan tugas dengan betul-betul berpedoman kepada peraturan undang-undang yang berlaku," kata Bupati Hamdan Sati usai melantik 39 Datok di tribun lapangan belakang pemkab Aceh Tamiang, Selasa (17/10).

Para Datok, kata Hamdan Sati, harus berperan aktif untuk memajukan kampung agar peningkatan kesejahteraan masyarakat benar-benar dirasakan.

Hamdan Sati menjelaskan, 39 Datok yang dilantik hari ini merupakan hasil pemilihan langsung secara serentak yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, Hamdan Sati mewajibkan para datok yang baru dilantik untuk mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK) selama tiga bulan masa bertugas.

"Terhitung sejak dilantik dini hari, 39 datok baru ini wajib menyampaikan RPJMK kepada  kepala daerah dalam tiga bulan bertugas," tegas Hamdan Sati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Hamdan Sati juga mengimbau kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana DPMKPPKB serta intansi terkait lainnya, agar segera melaksanakan pelatihan untuk para Datok Penghulu yang baru dilantik tentang tata cara perencanaan pembangunan dan pengelolaan dana desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan ‎yang berlaku.

Untuk diketahui, 39 Datok Penghulu yang dilantik hari ini meliputi, ‎9 Datok dari Kecamatan Manyak Payed, 6 Datok dari Kecamatan Kejuruan Muda, 2 datok dari Kecamatan Tamiang Hulu, 2 dari Kecamatan Bandar Mulia, 9 Datok dari Kecamatan Karang Baru, 1 Datok dari Kota Kuala Simpang, 2 dari Kecamatan Seruway, 1 dari Kecamatan Bandar Pusaka, 2 dari Kecamatan Tenggulun, 2 dari Kecamatan Sekerak dan 3 Datok dari Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang.

Komentar

Loading...