Unduh Aplikasi

Datang ke Sekber Wartawan, Zaini Abdullah Tegaskan Komitmen Jaga Lingkungan

Datang ke Sekber Wartawan, Zaini Abdullah Tegaskan Komitmen Jaga Lingkungan

BANDA ACEH - Calon Gubernur Aceh Zaini Abdullah berkunjung ke Sekretaris Bersama (Sekber) wartawan, Rabu (9/11). Kedatangan Gubernur Aceh non aktif itu untuk berdiskusi dan bersilaturahmi dengan wartawan yang bertugas di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dalam kesempatan itu, Abu Doto--sapaan Zaini Abdullah--menyampaikan komitmennya untuk menjaga lingkungan di Aceh.

"Saya komitmen menjaga lingkungan di Aceh, karena lingkungan yang ada harus dijaga demi anak cucu kita," kata Zaini Abdullah.

Bukti komitmen menjaga lingkungan, kata Abu Doto, sudah mengeluarkan dua kebijakan yakni instruksi gubernur tentang kelanjutan moratorium tambang dan sawit.

"Kami sudah berkomitmen dengan GeRAK Aceh dan LBH untuk melanjutkan moratorium tambang dan sawit," tegas Abu Doto.

Bahkan, kata Abu Doto, intruksi moratorium sawit yang dikeluarkan olehnya mendapat apresiasi dari Kementerian Kehutanan. Dalam waktu, Menteri Kehutanan akan segera melaporkan hal tersebut kepada Presiden Jokowi.

"Aceh akan menjadi contoh terkait moratorium sawit, ini akan terus kita pertahankan," ujarnya.

Selanjutnya, kata Abu Doto, untuk wilayah yang selama ini sering langganan banjir, Zaini mengatakan solusi yang harus dilakukan adalah melarang pengeluaran izin baik hutan, tambang, dan sawit.

"Di Aceh, seluruh sumber daya alam berada di hutan lindung, makanya kami berkomitmen untuk terus menjaga hutan dan lingkungan yang ada," tegas Abu Doto yang akan maju bersama Nasaruddin pada Pilkada Aceh 2017.

Untuk wilayah Singkil, kata Abu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan pemasangan pasak bumi di Singkil dan beberapa daerah lainnya.

"Singkil itu daratan lebih rendah dari sungai, makanya sering terjadi banjir, tapi saya sudah meminta bantuan melalui APBN untuk pemasangan pasak bumi di beberapa wilayah yang sering meluap air sungai ketika hujan," ungkap Zaini Abdullah.

Komentar

Loading...