Unduh Aplikasi

Data Penggunaan Dana Covid-19 Amburadul, Tim Pansus DPRK Pidie Berang

Data Penggunaan Dana Covid-19 Amburadul, Tim Pansus DPRK Pidie Berang
Rapat paripurna DPRK Pidie terkait penggunaan dana Covid-19. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Pansus Covid-19, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie mempertanyakan penggunaaan anggaran untuk penanganan Virus Corona (Covid-19) yang dikelola tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Data penggunaan anggaran yang diberikan untuk dibahas bersama
tidak ada rincian yang jelas.

"Data penggunaan anggaran yang dilaporkan tim gugus tugas Covid-19 Pidie kepada kami untuk dibahas bersama tidak lengkap alias masih gelondogan," kata Ketua Tim Pansus Covid-19 DPRK Pidie Nasrul Syam dalam ruang rapat paripurna DPRK setempat, Senin (15/6) dihadiri Tim Gugus Percepatan Penangan Covid-19 Pidie.

Data yang diberikan sebut Nasrul Syam, tidak ada penjabaran kegiatan. Dan ditekankan jangan sampai kegiatan ini belum ada penjabaran ini sudah dilaksanakan.

"Kami meminta kepastian waktu kepada tim gugus untuk secepatnya melengkapi rincian data penjabaran program yang menggunakan sumber dana refocusing," tegasnya.

Hal senada ditegaskan anggota tim Pansus Syarifuddin, seharusnya Tim Gugus tugas Covid-19 Pidie mempunyai data yang kongkrit untuk disampaikan kepada dewan terkait penggunaan anggaran untuk penanganan covid-19. Misalkan, peyemprotan Disinpektan pada Dinas Kesehatan Pidie tidak ada penjelasan total anggaran yang telah digunakan.

Selain itu data jumlah penerima BLT, BST, BPNT dan Sembako juga tidak rill sehingga terjadi tumpang tindih karena ada masyarakat yang sudah menerima bantuan PKH.

"Seandainya data penggunaan anggaran untuk kegiatan penanganan Covid-19 lengkap diserahkan, kita bisa lakukan pengecekan satu persatu kegiatan. Apakah ini suatu kelemahan atau memang ada unsur kesengajaan dari tim gugus tugas Covid-19 Pidie untuk mempermainkan Tim Pansus DPR Pidie. Kami selalu mendapat sorotan dari masyarakat yang seolah-olah kami mengambil uang," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud selaku Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Pidie mengatakan, dalam waktu dekat ini akan mempersiapkan laporan secara sistematis data penggunaan anggaran untuk penanganan Covid-19 untuk diserahkan kepada tim Pansus Covid DPRK Pidie.

"Dalam waktu dekat kami serahkan laporan secara sistematis penggunaan anggaran. Dan kami dapat memastikan tidak ada permainan dalam penyaluran bantuan BLT, BST dan bantuan sembako. Kita tidak main-main dengan bantuan Covid-19 ini," ujarnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...