Unduh Aplikasi

Darwati A Gani Tolak Keras Penetapan Struktur Fraksi PNA

Darwati A Gani Tolak Keras Penetapan Struktur Fraksi PNA
Darwati A Gani saat menyampaikan pendapat dalam sidang Paripurna DPR Aceh. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Darwati A Gani menolak keras susunan Fraksi Partai Nanggroe Aceh (PNA) yang ditetapkan dan diumumkan pimpinan dewan.

Penolakan tersebut disampaikan Darwati disela-sela sidang paripurna pengucapan sumpah pimpinan DPRA di gedung utama, Jum'at (15/11).

Darwati mengatakan, struktural Fraksi PNA itu disusun oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PNA dalam bentuk Surat Keputusan (SK) yang kemudian ditandatangani oleh Ketua Umum sesuai dengan yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Baca: Terbentuk, Ini Susunan Fraksi PNA di DPR Aceh

Karena itu, Darwati menolak struktural yang telah disusun dan diusulkan oleh beberapa anggota dewan tersebut. Menurutnya, langkah itu tidak sesuai dengan peraturan berlaku.

"Intruksi pimpinan, saya menolak penetapan Ketua Fraksi dan segala kelengkapannya yang dilakukan tidak berdasarkan aturan hukum," kata Darwati.

Dalam kesempatan itu, Darwati juga meminta kepada Ketua DPRA menjalankan tugas dan fungsinya sesuai Undang-undang, jangan kemudian lembaga pembuat produk hukum ini malah mengeluar kebijakan yang cacat secara administrasi.

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya meminta Ketua DPRA. DPRA yang merupakan lembaga yang salah satu tugasnya adalah membuat peraturan perundang-undangan, jangan sampai membuat aturan yang cacat hukum," ujarnya.

Untuk diketahui, pimpinan DPRA telah mengumumkan dan menetapkan struktural Fraksi PNA 2019-2024. Susunan itu bacakan langsung oleh Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin disela-sela rapat paripurna pengucapan sumpah pimpinan DPRA definitif, di gedung utama DPRA, Jum'at (15/11).

Adapun struktur Fraksi PNA yang telah ditetapkan tersebut antara lain Ketua Safrizal, Wakil Ketua Muktar Daud, Sekretaris Tgk Haidar, Bendahara Darwati A Gani, serta dua orang anggota yaitu M Reza Fahlevi Kirani dan Samsul Bahri alias Tiyong.

Sebelumnya, anggota Fraksi PNA, Reza Fahlevi Kirani menuturkan bahwa usulan susunan fraksi tersebut diberikan setelah adanya persetujuan bersama seluruh anggota, terkecuali Darwati A Gani.

"Iya betul, kesepakatan kami dewan, tidak tahu buk Darwati, kami berlima sudah mengusulkan untuk sementara Safrizal Ketua Fraksi," kata Fahlevi saat dikonfirmasi AJNN, Rabu bulan lalu (30/10).

Seperti diketahui, pengumuman susunan Fraksi PNA ini sempat tertunda, hal itu karena masih adanya konflik internal DPP PNA.

Bahkan, sampai hari ini masih berlangsungnya persidangan di Pengadilan Negeri Banda Aceh terkait gugatan yang dilayangkan Irwandi Yusuf kepada DPP PNA versi Kongres Luar Biasa (KLB) yakni Tiyong Cs.

Komentar

Loading...