Unduh Aplikasi

Darmili Pertanyakan Kerugian Negara Rp 51 Miliar dalam Kasus Korupsi PDKS

Darmili Pertanyakan Kerugian Negara Rp 51 Miliar dalam Kasus Korupsi PDKS
Terdakwa Darmili di Pengadilan Tipikor Banda Aceh, Foto: AJNN.Net/Tommy

BANDA ACEH - Mantan Bupati Simeulue, Darmili mempertanyakan kasus dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) dengan kerugian negara mencapai Rp 51 miliar yang menjeratnya.

"Perkara ini muncul berawal mencuatnya isu ada kerugian negara Rp 51 miliar pada penyertaan modal PDKS. Sehingga Kejati Aceh menetapkan tersangka pada Maret 2016," kata Darmili.

Baca: Darmili Dituntut 5 Tahun Penjara dan Denda Rp 200 Juta

Dirinya juga mempertanyakan pernyataan Direktur LSM MaTA, Alfian yang menyebut mega korupsi di Aceh dengan jumlah kerugian negara Rp 51 miliar dengan tersangka tunggal Darmili mantan Bupati Simeulue dua periode.

"Pernyataan kerugian Rp51 miliar tidak ada buktinya, atas dasar apa menuduh saya, mengklaim tanpa bukti itu tidak profesional," ucap Darmili.

Pada perjalanan penyidikan, kata Darmili, kasus yang didakwakan terhadap dirinya bukan kasus kuncuran dana APBK ke PDKS sejak 2002-2012 dengan kerugian negara Rp 51 miliar. Namun dirinya didakwa menerima aliran dana dari PDKS melalui direktur PDKS.

"Mengapa dakwaan saya dalam kerugian negara tidak sama saat saya ditetapkan tersangka oleh Kejati Aceh pada Maret 2016 dengan jumlah kerugian negara Rp 51 miliar," sebutnya.

Ia menyebutkan penetapan tersangka dengan kerugian negara Rp 51 miliar adalah fitnah dan kriminalisasi, apalagi tanpa adanya hasil audit perhitungan kerugian negara oleh instansi berwenang seperti BPK, BPKP, Inspektorat atau akuntan publik.

"Ada oknum-oknum sebagai makelar kasus (Markus) yang melaporkan ke pihak Kejati Aceh adanya kerugian PDKS sebesar Rp 51 miliar, sehingga kasus ini menjadi sorotan supervisi KPK RI," ungkapnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Darmili pada berkas peledoi atau nota pembelaan "Menangkis Badai Fitnah dan Kriminalisasi di Puing-puing Kehancuran" yang diterima AJNN.

Komentar

Loading...