Unduh Aplikasi

Dapat Suaka dari AS, Malam Ini 17 Warga Rohingya Dipindahkan ke Medan

Dapat Suaka dari AS, Malam Ini 17 Warga Rohingya Dipindahkan ke Medan
Muhammad Zakir (18), seorang warga Rohingya, Myanmar, yang ditampung di barak pengungsian di Selter Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

ACEH UTARA - Sebanyak 17 imigran Rohingnya yang ditempatkan di shelter Gampong Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, akan dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara, malam ini. Mereka akan mendapatkan segera mendapatkan suaka dari Amerika Serikat.

Keberangkatan ini direncanakan pada Pukul 22.00 WIB. Sebelum diberangkatkan ke negeri Abang Sam itu, mereka akan melalui serangkaian tes.

“Ada 17 orang yang kita pindahkan malam ini dari sekitar 60 orang etnis Rohingya. Mereka diminta oleh konsulat AS untuk diseleksi menjadi warga negara mereka," ujar Kasie Wasdakin, Imigrasi kelas II A Lhokseumawe, Alberts Djalius, Senin (7/11).

Selain pengungsi yang menetap di Aceh Utara, pengungsi yang berada di Langsa juga mendapatkan kesempatan yang sama. Kepindahan mereka, kata Alberts, difasilitasi oleh International Organization for Migration (IOM).

Baca: Puluhan Pengungsi Rohingya Langsa Dipindah

“Jadi mereka semua akan kita pindahkan bertahap, sesuai jadwal yang telah ditentukan," kata Alberts.

Pada 26 Oktober, Imigrasi juga memindahkan sembilan orang etnis Rohingya ke Medan untuk menjalani seleksi menjadi warga negara AS.

Komentar

Loading...