Unduh Aplikasi

Danlanud SIM: Belum Ada Ancaman di Wilayah Udara Aceh

Danlanud SIM: Belum Ada Ancaman di Wilayah Udara Aceh
Empat Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon saat mengudara di langit Aceh

ACEH BESAR - Kadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dengan empat pesawat tempur F-16 Fighting Falcon masih terus melakukan pemantauan di wilayah udara Aceh.

Ke empat pesawat tempur tersebut telah mengudara di langit Aceh sejak Senin (25/2) hingga beberapa hari ke depan.

Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief H menyampaikan sejauh ini berdasarkan pemantauan yang dilakukan belum terlihat adanya tanda-tanda ancaman di wilayah udara Aceh, meskipun demikian mereka tetap meningkatkan pengamanannya.

Baca: Patroli, Empat Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Mengudara di Langit Aceh

"Patroli sementara ini belum ada ancaman di wilayah udara Aceh," kata Kolonel Pnb Hendro Arief H kepada wartawan usai menggelar silaturahmi bersama awak media di Lanud SIM, Kamis (28/2).

Hendro mengatakan, dengan adanya patroli tersebut dapat memberikan tekanan kepada pihak-pihak yang hendak melakukan pelanggaran di wilayah udara Aceh, mereka akan berfikir panjang jika masuk tanpa memliki kelengkapan perizinan.

"Patroli ini efektif, pelanggar yang ingin masuk ke wilayah Aceh akan berfikir kembali kalau tanpa memiliki izin lengkap," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, kedatangan pesawat tempur di wilayah Aceh ini dalam rangka patroli wilayah udara dan perairan nasional yang berbatasan langsung dengan negara lain, hal tersebut juga sebagai langkah antisipatif atas segala kemungkinan ancaman, hambatan dan bahkan gangguan terhadap Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Kolonel Pnb Hendro Arief juga mengajak masyarakat Aceh untuk melihat lebih dekat alutsista TNI Angkatan Udara saat kegiatan Sultan Iskandar Muda Open Base 2019 pada 2-3 Maret 2019 nanti.

Dalam acara Open Base 2019 mendatang, TNI AU juga bakal menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Aceh Besar.

"Kami mengundang masyarakat Aceh untuk datang dan melihat lebih dekat pesawat tempur F-16, Helikopter SA-330 Puma dan pesawat Hercules C-130,” pungkasnya.

Komentar

Loading...