Unduh Aplikasi

Dandim Aceh Utara Soal Laporan Tim Medis Terindikasi Corona di Lhokseumawe

Dandim Aceh Utara Soal Laporan Tim Medis Terindikasi Corona di Lhokseumawe
Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Agung Sukoco. Foto: ACEH PRESSPHOTO

LHOKSEUMAWE - Komandan Kodim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Agung Sukoco mengklarifikasikan soal tulisan laporan yang beredar luas di media social terkait tim medis berinisial I (57) terindikasi positif Covid-19 sesuai dengan hasil rapid test.

“Tulisan tersebut tidak pernah saya keluarkan, ataupun membuat tulisannya,” kata Agung kepada AJNN, Rabu (8/4).

Dikatakan Agung, terkait isi tulisan tersebut dirinya tidak bisa berkomentar terlalu banyak. Akan tetapi, berdasarkan hasil diskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe, bahwa memang sudah dilaksanakan rapid test terhadap beberapa tenaga medis, termasuk dokter spesiais berinisial I.

“Hasil rapid test memang dinyatakan positif, akan tetapi itu bukan dasar kuat dinyatakan sebagai positif virus corona,” ujarnya.

Ia menjelaskan yang digunakan sebagai dasar seseorang positif virus corona atau tidak adalah hasil laboratorium Balitbang Kemenkes RI. Hingga saat ini, pihaknya sedang menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium.

Baca: Rapid Test, Satu Tenaga Medis di Lhokseumawe Dikabarkan Terindikasi Corona

“Penanganan terhadap seseorang yang positif rapid test adalah karantina mandiri, sehingga masyarakat tidak perlu panik dan tetap ikuti imbauan pemerintah untuk menjaga jarak, selalu pakai masker dan cuci tangan dengann gunakan sabun di air mengalir,” imbuhnya.

Sebelumnya, seorang tim medis berinisial I (57), warga Lhokseumawe yang bertugas di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara dikabarkan positif Coronavirus Disease (Covid-19).

Hal itu sesuai dengan hasil Rapid Test. Informasi yang dihimpun AJNN, tenaga medis tersebut tidak memiliki keluhan dan riwayat berpergian keluar daerah dan keluar negeri, namun saat dilakukan rapid test Covid-19 diperoleh hasil tes positif, sementara istrinya negatif.

Informasi lain yang dihimpun, penanganan medis telah dilakukan kepada yang bersangkutan seperti pemeriksaan darah rutin dan foto dada (torax) dengan hasil tidak menunjukan gejala virus corona.

Namun hari ini untuk memastikan terjangkit atau tidak virus tersebut, pihaknya telah mengambil swab lendir untuk diperiksa di Balitbangkes Kemenkes RI.

Komentar

Loading...