Unduh Aplikasi

Dandim Aceh Barat Ajak Jurnalis Ikut Lomba TMMD

Dandim Aceh Barat Ajak Jurnalis Ikut Lomba TMMD
Foto: Ist

ACEH BARAT - Komandan Komando Distrik (Kodim) 0105/Aceh Barat, Letnan Kolonel Kav Nurul Diyanto mengajak para jurnalis di kabupaten setempat mengambil bagian pada ajang Lomba Karya Jurnalisitik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108.

Hal tersebut disampaikannya saat bertemu insan pers, di salah satu rumah makan Jalan Imam Bonjol, Meulaboh, Minggu (28/6)

Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd mengatakan tujuan diadakannya lomba ini untuk mensukseskan dan mempublikasikan penyelenggaran kegiatan TMMD Reg ke-108 kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengerti dan memahami kegiatan TMMD secara menyeluruh dalam membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Untuk itu, kami mengajak dan mensupport para jurnalis-jurnalis yang ada di wilayah Aceh Barat media baik cetak, online maupun elektronik, untuk ikut berperan mensukseskan TMMD ke 108 melalui lomba tersebut," kata Dandim.

Nurul mengatakan lomba karya jurnalistik (LKJ) ini memberikan kesempatan kepada para jurnalis untuk berkarya sekaligus mengasah kemampuan dalam bidang juranalistik.

Dikatakannya, untuk Kabupaten Aceh Barat, tahun ini akan menggelar TMMD ke-108 dengan membangun jalan tembus Antong, Kecamatan Panton Reu serta Lango, Kecamatan Pantee Ceureumen.

Ia menjelaskan pada tahun ini pihaknya melakukan pembukaan ruas jalan tersebut sepanjang 2,2 kilometer dari panjang yang diperkirakan mencapai 10 kilometer, dan sebelumnya telah berhasil membuka 3,6 kilometer pada tahun 2018-2019.

"Tahun ini kami buka dari sisi Lango, Kecamatan Pante Ceureumen 2,200 meter. Dan nantinya akan kami bangun box cuvert," ungkapnya.

Selain itu, kegiatan TMMD tahun ini juga dibarengi dengan penyuluhan pertanian, perkebunan dan peternakan, serta sosialisasi pencegahan Covid-19.

Sementara itu, Sersan Mayor Ahmad Fauzi dari Penerangan Kodim (Pendim) 0105/Aceh Barat pada kesempatan tersebut memaparkan segala hal tentang kriteria Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-108 di wilayah Kodim 0105/Aceh Barat.

Dalam paparannya, Serma Fauzi menjelaskan untuk pembuatan berita feature di media elektronik/cetak/online agar menyertakan statemen dari pejabat pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat yang desanya menjadi sasaran TMMD.

Hasil pemberitaan dikirim ke Kodim untuk diteruskan ke panitia lomba. Dapat mengirimkan lebih dari satu hasil karya jurnalistik. Wartawan/koresponden diberi kebebasan untuk mencari data TMMD ke Kodim dalam hal ini melalui Penerangan Kodim (Pendim).

"Lomba karya jurnalistik TMMD ke 108 ditutup satu minggu setelah penutupan TMMD ke 108," katanya.

Ia juga menyebutkan, dalam lomba tersebut wartawan diberi kebebasan untuk mencari data TMMD untuk bahan pembuatan karya jurnalistik yang akan dilombakan. Hasil karya yang diikutkan dalam lomba juga harus sudah dimuat di media online, cetak atau elektronik.

Hal-hal yang menjadi perhatian khusus untuk media online, di utamakan menggunakan media online nasional atau media online yang terdaftar/terverifikasi di Dewan Pers.

Komentar

Loading...