Unduh Aplikasi

Dana SILPA Rp 107,5 Miliar Simeulue Masuk KUA PPAS Perubahan 2016

Dana SILPA Rp 107,5 Miliar Simeulue Masuk KUA PPAS Perubahan 2016
ilustrasi
BANDA ACEH – Pemerintah Kabupaten Simeulue resmi menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2017 dan KUA-PPAS Perubahan tahun 2016, ke Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Simeulue, Senin (29/8).

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Kabupaten Simeulue, Haili Syamsudin menyebutkan, dalam dokumen KUA-PPAS Perubahan 2016 yang diserahkan tersebut sudah tertuang dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) tahun 2015 sekitar Rp 107,5 miliar.

“Tidak ada lagi SILPA. Malah dananya masih kurang karena sudah tersedot di kegiatan perubahan 2016 yang tertuang dalam rancangan KUA- PPAS Perubahan 2016,” katanya.

Rapat Paripurna Penyerahan Rancangan KUA-PPAS tersebut, dari pihak eksekutif dihadiri oleh Wakil Bupati Simeulue Hasrul Edyar, Forkopimda Simeulue, Wakil Ketua DPRK Simeulue Ferdinan dan anggota dewan lainnya. Kemudian juga dihadiri oleh Plt Sekretaris Daerah Mauluddin, Sekretaris DPRK Simeulue Yurnalesti, serta para Kepala SKPK dalam Kabupaten Simeulue.

Untuk diketahui, akibat tingginya dana SILPA tersebut, Simeulue menjadi salah satu kabupaten di Aceh yang ditunda penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU). Penundaan DAU tersebut ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 125/PMK.07/2016.

Baca: Dana Alokasi Umum untuk Empat Kabupaten di Aceh Ditunda

Selain Kabupaten Simeulue, tiga daerah lain di Aceh yang ditunda penerimaan DAU antara lain, Aceh Besar, Aceh Timur dan Aceh Utara.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan itu disebutkan total DAU 2016 yang ditunda penyalurannya mencapai Rp 19.418.975.064.500,00.

Penundaan tersebut didasarkan pada perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja dan posisi saldo ka di daerah pada akhir tahun 2016 yang dikategorikan sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi dan sedang.

Komentar

Loading...