Unduh Aplikasi

Ketua JMSI Aceh: Pemerintah Harus Aktif Libatkan Media Sebagai Corong Edukasi Covid-19

Ketua JMSI Aceh: Pemerintah Harus Aktif Libatkan Media Sebagai Corong Edukasi Covid-19
Ketua JMSI Aceh, Hendro Saky. Foto: Ist

BANDA ACEH - Sebanyak 150 Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Aceh mendapatkan dana hibah melalui refocusing senilai Rp15 Miliar.

Bagaimana dengan nasib Media? Banyak perusahaan media yang kolep khusunya di Provinsi Aceh, semenjak mewabahnya Coronavirus Disease (Covid-19) yang melanda seluruh penjuru dunia.

Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Hendro Saky saat dihubungi AJNN mengatakan, perihal dana hibah bagi OKP dan Ormas sepanjang hal tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan dan aturan tentang tata cara hibah dan bantuan, tentu bukan menjadi persoalan.

“Namun jika hal tersebut melanggar aturan, maka wajib dikoreksi,” kata Hendri, Sabtu (26/9).

Dikatakan Hendro, semestinya peruntukan dana Covid-19, tetap mengaku pada aturan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Yakni, fokus pada mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga mencegah mewabahnya Covid-19.

Baca: 150 Ormas di Aceh dapat Dana Recofusing Rp 15 Miliar

“Kita juga mengakui perusahaan media selama ini juga terimbas akibat kebijakan refocusing anggaran, dan kebijakan banyak sektor perusahaan yang mengurangi belanja iklannya,” ujar Hendro.

Lanjutnya, sementinya pemerintah dapat melibatkan secara aktif perusahaan media sebagai corong dalam edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat selama mewabahnya Covid-19 ini.

“Kami memandang, selama ini keterlibatan perusahaan media sebagai sarana untuk memberikan pendidikan, dan edukasi perihal kesadaran warga belum optimal,” ungkapnya.

Hendro berharap ke depan, pemerintah dapat menaikkan belanja iklan, dengan melibatkan aktif perusahaan media, selain untuk edukasi Covid-19, juga dapat dijadikan sarana promosi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pariwisata, dan lainnya.

“Dengan demikian daya ekonomi juga semakin bangkit, dan bermanfaat untuk banyak orang,” imbuhnya.

Komentar

Loading...