Unduh Aplikasi

Dana Desa Dipangkas Untuk Eks Kombatan GAM

Dana Desa Dipangkas Untuk Eks Kombatan GAM
Ilustrasi Eks GAM
PANTON LABU - Para eks kombatan GAM yang tergabung dalam Komite Peralihan Aceh (KPA) Sagoe di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara diduga telah memangkas anggaran pembangunan desa di 47 desa di kecamatan itu.

Pemangkasan dikabarkan berkisar Rp 2 juta – Rp 3 juta per desa.

Kabar tersebut telah menjadi isu hangat sejak sepekan terakhir di kawasan tersebut. Kabarnya, beberapa Geuchik (Kepala Desa) tidak setuju dengan pemangkasan dana itu, namun mereka tak mampu melawan sehingga terpaksa memberikan sejumlah dana itu kepada KPA.

“Benar adanya pemangkasan dana tersebut, kita berinisiatif untuk menyisihkan dana untuk Sagoe, jika pun tidak demikian, dana itu juga akan tersisihkan juga untuk sagoe, bahkan bisa-bisa nominalnya lebih besar,” kata Geuchik yang juga Mukim KPA yang namanya tidak mau disebutkan.

Camat Tanah Jambo Aye, Dayan Albar S. Sos menjawab AJNN menuturkan, sempat mendengar kabar pemotongan dana desa tahap pertama itu. Namun, ia mengatakan pihaknya tidak tau harus berbuat apa.

“Saya sempat mendengarkan kabar tersebut, namun hal ini tidak menyangkut dengan kecamatan. Kita tidak tau harus berbuat apa, itu semua antara para Geuchik dengan Sagoe (KPA Sagoe-red),” terang Dayan di ruang kerjanya, Selasa (06/10/15).

Salah satu anggota KPA Sagoe setempat yang dikonfirmasi AJNN via telepon mengakui adanya pemotongan untuk KPA Sagoe tersebut. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci ke mana anggaran tersebut akan dipergunakan.

“Nyan hal biasa hai adoe, tanyoe ken talake cit bacut keu sagoe (Itu hal yang biasa adinda, kita kan perlu juga dana tersebut untuk keperluan sagoe-),” ujar anggota KPA tersebut singkat, Selasa (06/10) sore.

EFENDI NOERDIN

Komentar

Loading...