Unduh Aplikasi

Terdampak Pembangunan Jalan Baru, Pemilik Rumah di Pijay Terima Kompensasi Rp 20 Juta

Terdampak Pembangunan Jalan Baru, Pemilik Rumah di Pijay Terima Kompensasi Rp 20 Juta
Bangunan yang didirikan di atas tanah PT KAI di Gampong Keude Lueng Putu kini dibongkar akibat pembangunan jalan baru. Foto: AJNN/Muksalmina

PIDIE JAYA - Puluhan rumah yang dibangun di atas tanah PT Kereta Api Indonesia (KIA) di Keude Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, kini dibongkar oleh pemiliknya akibat dampak dari pembangunan jalan baru di lokasi tersebut.

Meski didirikan di atas tanah PT KAI, Pemkab Pidie Jaya memberikan kompensasi terhadap pemilik dan penyewa rumah di jalan rel itu.

Terdapat 44 pemilik dan penyewa rumah di jalan rel tersebut yang diberikan kompensasi oleh pemkab setempat karena harus dibongkar akibat pembangunan jalan baru. 

Bantuan pemindahan rumah yang diberikan pemerintah kabupaten itu sebesar Rp 20 juta per pemilik rumah. Dengan jumlah total Rp 880 juta.

“Total pemiliknya ada 44, tetapi tujuh unit diantaranya rumah yang disewakan, rumah yang disewakan itu kompensasinya dibagi, Rp 5 juta kepada penyewa dan Rp 15 juta kepada pemilik rumah. Dan kompensasi ini telah dikirim ke rekening penerima masing-masing,” kata Camat Bandar Baru, Muhammad kepada AJNN, Rabu (14/10).

Ia menegaskan, dana sebesar Rp 20 juta per rumah itu bukanlah ganti rugi. Melainkan bentuk sosial pemerintah kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Aiyub Abbas.

“Ini bukan ganti rugi, ini adalah bantuan sosial dari pemerintah, karena rata-rata penghuni disana adalah orang-orang lemah (miskin), sehingga pemerintah memberikan bantuan sosial untuk kompensasi pemindahan rumah,” terangnya.

Bantuan sosial itu, lanjut Muhammad juga direncanakan untuk pembelian tanah di lokasi lain, dimana nanti warga yang selama ini menetap di jalan rel itu akan akan sama-sama menempati “dusun” baru.

“Bantuan ini juga untuk beli tanah (bersama). Saat ini informasinya akan dibeli tanah di Dusun Blang Gapu (masih di Gampong Keude Lueng Putu), secara geografis saya lihat lokasi itu sangat bagus,” pungkas Camat Muhammad.

Komentar

Loading...