Unduh Aplikasi

Dampak Kemarau, 100 Hektare Lebih Padi di Aceh Jaya Gagal Tanam

Dampak Kemarau, 100 Hektare Lebih Padi di Aceh Jaya Gagal Tanam
Kondisi sawah warga yang gagal tanam di Desa Padang Datar, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya. Foto: For AJNN

ACEH JAYA - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Aceh Jaya mencatat sebanyak 110 hektare padi milik petani di dua kecamatan kabupaten setempat alami gagal tanam akibat dilanda musim kemarau berkepanjangan.

"Berdasarkan data, ada 110 hektare yang gagal tanam akibat kekeringan, umur padi masih sekitar satu bulan tanam," kata Fazlon Mirza Kabid Tanaman Pangan dan Holtikurtural Dinas Pertanian Aceh Jaya, kepada AJNN, Jum'at (14/2).

Katanya, upaya yang dilakukan pihaknya saat ini adalah berkoordinasi dengan pihak provinsi dan bidang sarana serta prasarana karena menyangkut dengan kelangkaan air.

"Saat ini sumber air yang tidak ada, jadi jikapun dibantu dengan pompanisasi juga sulit mendapatkan air di daerah tersebut," ujarnya.

Baca: Aceh Jaya Dilanda Kekeringan, Warga Kesulitan Air Bersih

Untuk saat ini yang mengalami gagal tanam padi akibat kekeringan ada dua kecamatan, yakni Kecamatan Krueng sabee dan Kecamatan Jaya.

Sementara itu, pihaknya akan terus memantau dan mencari solusi bagaimana cara agar gagal tanam tersebut bisa teratasi dan dampaknya tidak meluas.

"Memang untuk solusi kongkrit saat ini belum ada, karena masyarakat mau tidak mau harus tanam ulang, apalagi di daerah tersebut juga jauh dari debit air," pungkas Fazlon.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...