Unduh Aplikasi

Dampak Kabut Asap, Pemkab Abdya Bagikan Masker

Dampak Kabut Asap, Pemkab Abdya Bagikan Masker
Petugas Dinkes Abdya saat membagikan masker gratis untu Para Pengendara Jum'at (9 10)
BLANGPIDIE - Semakin pekatnya kabut asap di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) membuat Pemkab setempat melalui Dinas Kesehatan Bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) membagikan 5 ribu masker kepada masyarakat pengendara bermotor dikawasan itu. Jum'at (9/10).

Pembagian masker yang baru pertama kali dilakukan di Aceh itu dilakukan pada dua lokasi berbeda di Pusat Kota Blangpidie, yaitu di jalan Persada dan Jalan H. Ilyas sekitar pukul 08.30 WIB pagi tadi.

Sekretaris BPBK Abdya Empi Syahril mengatakan, pembagian masker secara gratis itu sebagai antisipasi awal mengingat semakin pekatnya kabut asap di Abdya.

Menurutnya, kabut asap kiriman kebakaran hutan di luar Aceh dan ditambah pembakaran jerami oleh masyarakat abdya, telah berimbas kepada terganggunya aktifitas warga.

"Dampak yang ditimbulkan akibat asap ini tentunya menyebabkan sejumlah penyakit, khususnya penyakit yang menyerang pernapasan seperti ISPA,” katanya.

Ia menambahkan, pembagian masker secara gratis tersebut juga sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat agar setiap keluar rumah dapat menggunakan masker. Khususnya mereka yang menggunakan kendaraan roda dua.

"Kami juga ingatkan kepada masyarakat jika ingin keluar rumah setidaknya menggunakan masker agar terhidar dari bahaya kabut asap."

| JULIDA FISMA

Komentar

Loading...