Unduh Aplikasi

Dalam Sepekan, BI Musnahkan Uang Lusuh Rp 8 Miliar

Dalam Sepekan, BI Musnahkan Uang Lusuh Rp 8 Miliar
Uang lusuh usai dimusnahkan. Dokumen AJNN.

LHOKSEUMAWE – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) cabang Lhokseumawe memusnahkan uang lusuh (tidak layak edar) dalam sepekan mencapai Rp8 miliar.

“Jadi kita secara rutin melakukan pemusnahan uang lusuh, dalam sepekan bisa mencapai Rp 8 miliar, dan setelah lebaran diperkirakan akan meningkat hingga Rp13 miliar,” kata Kepala KPw-BI Lhokseumawe, Yukon, Afrinaldo kepada AJNN, Rabu (7/4).

Lanjut Yukon, dalam posisi sekarang, lebih banyak uang outfollow (keluar) dari KPw-BI Lhokseumawe. Uang yang dianggap lusuh juga memiliki soil level yang layak edar sesuai dengan aturan dari Jakarta.

“Uang yang dimusnahkan berdasarkan kompetensi dari kasir termasuk perbankan BI. Lalu uang lusuh tersebut setelah dikumpulkan akan dimasukkan ke dalam mesin racik uang, atau mesin sortasi untuk memilah uang secara otomatis,” jelasnya.

Lanjut Yukon, uang lusuh yang dimusnahkan yakni kebanyakan terdiri lembaran Rp10 ribu dan Rp5 ribu. Karena uang tersebut paling banyak dipakai masyarakat untuk melakukan transaksi.

“Kita juga selaly mengkalibrasi mesin racik uang secara rutin, sehingga sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia,” imbuhnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...