Unduh Aplikasi

DAMPAK KEKERINGAN

Dalam Sehari, Empat Lokasi Karhutla di Aceh Jaya

Dalam Sehari, Empat Lokasi Karhutla di Aceh Jaya
Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api yang membakar lahan kosong di Gampong Babah Ngon, Darul Hikmah, Aceh Jaya. Foto: For AJNN

ACEH JAYA - Akibat musim kemarau dan kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Aceh, salah satunya Kabupaten Aceh Jaya telah mengakibatkan setidaknya empat lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah Aceh Jaya, Selasa (3/3).

Berdasarkan data yang diterima AJNN dari Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya menyebutkan pada Selasa (3/3) setidaknya ada empat lokasi yang terjadi karhutla di wilayah Aceh Jaya dalam waktu berbeda.

Lokasi yang pertama yakni di Gampong Patek, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, terjadi kebakaran lahan kosong pinggir jalan nasional lintas Banda Aceh - Calang seluas ± 50 x 25 meter persegi yang terjadi pada pukul 14.00 WIB.

Baca: Musim Kemarau di Aceh Jaya, Warga Diimbau Waspada Karhutla

Lokasi kedua yaitu di Gunung Cincrang, Gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, kebakaran ahan kosong di pinggir jalan ± 1/4 hektare tepatnya di KM 132 sekitar pukul 14.20 WIB.

Selanjutnya, lokasi ketiga yaitu di Gampong Kuta Tuha, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, kebakaran lahan kosong seluas ± 1 hektare pada pukul 15.12 WIB.

Sementara lokasi keempat yakni di Gampong Babah Ngom, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, kebakaran lahan kosong di pinggir jalan ± 100 meter persegi sekitar pukul 17.30 WIB.

"Untuk saat ini pihak BPBK Aceh Jaya melakukan pencegahan perluasan kebakaran dengan mengerahkan mobil unit damkar dari pos damkar lokasi terdekat yang dibantu oleh masyarakat, TNI/POLRI, serta unsur Relawan PB lainnya," kata Destia Yurisfan, selaku petugas Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya.

Komentar

Loading...