Unduh Aplikasi

Dalam 15 Hari, 1.937 Pasangan di Aceh Rencanakan Pernikahan

Dalam 15 Hari, 1.937 Pasangan di Aceh Rencanakan Pernikahan
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag RI) Aceh mencatat, terhitung sejak 30 Maret hingga 15 April 2020, sebanyak 1.937 pasangan di Aceh telah merencanakan pernikahan.

Hal itu sesuai dengan data pendaftaran jadwal pernikahan yang tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) seluruh Aceh.

"Sesuai data dari kabupaten/kota se Aceh, daftar rencana pasangan yang menikah mulai 30 Maret sampai 15 April 2020 sebanyak 1.937 peristiwa pernikahan," kata Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Aceh, Hamdan kepada wartawan, Kamis (2/4).

Kemudian, kata Hamdan, untuk pasangan pengantin yang telah melaksanakan akad nikah di Aceh sejak tanggal 16 sampai dengan 31 Maret 2020, tercatat sekitar 1.600 peristiwa pernikahan.

"Menurut informasi dan data yang masuk, pada tanggal 16 sampai 31 Maret 2020, lebih kurang sebanyak  1600 pasangan telah melangsungkan pernikahan," ujarnya.

Hamdan mengatakan, animo menikah masyarakat di Aceh cukup tinggi. Meskipun saat ini sedang mewabahnya virus corona (Covid-19), namun hal itu tidak mengurangi niat warga untuk melangsungkan pernikahan.

Meskipun demikian, Kemenag Aceh tidak melarangnya, tetapi setiap warga yang ingin menikah, harus mengikuti arahan sesuai ketentuan dari Menteri Agama dan Maklumat Kapolri.

"Harus sesuai arahan Kementerian Agama. Yaitu ketika akad harus cuci tangan, pakai masker, sarung tangan, dan tetap jaga jarak," tutur Hamdan.

Hamdan menyebutkan, saat proses akad nikah, baik itu di masjid, KUA, maupun di rumah sendiri. Kemenag juga telah mengeluarkan imbauan dengan memberikan batas orang-orang berkumpul.

Artinya, hanya para pihak yang memiliki kepentingan dalam proses akar nikah saja yang diizinkan berkumpul tempat pernikahan, tidak dibolehkan lebih dari 10 orang.

"Paling banyak 10 orang, yaitu pengantin dua orang, wali satu, saksi dua, keluarga masing-masing dua orang, dan petugas KUA satu orang," sebut Hamdan.  

Komentar

Loading...