Unduh Aplikasi

Daftar Negara yang Terancam ke Jurang Resesi Susul Korsel

Daftar Negara yang Terancam ke Jurang Resesi Susul Korsel
Korsel resmi masuk ke jurang resesi menyusul Singapura. Diproyeksikan, beberapa negara juga akan menyusul. Ilustrasi. (AP Photo/Ahn Young-joon).

Korea Selatan (Korsel) resmi masuk ke jurang resesikarena pertumbuhan ekonomi minus 3,3 persen pada kuartal II 2020. Sebelumnya, ekonomi Negeri Ginseng sudah minus 1,3 persen pada kuartal I 2020. 

Ini merupakan momen pertama kembalinya Korsel ke jurang resesi setelah 17 tahun terakhir berhasil menjaga perekonomiannya.

Sebelumnya, ekonomi Korsel tumbuh baik berkat kemajuan industri dan teknologi, termasuk industri musik dan film yang dikenal dengan sebutan K-Pop dan K-Drama.

Sebelum Korsel, Singapura, negara tetangga paling dekat dengan Indonesia juga mengumumkan diri masuk ke jurang resesi. Lantas, siapa lagi negara yang berpotensi menyusul Korsel dan Singapura ke jurang resesi pada kuartal II 2020?

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dari survei Bloomberg menunjukkan beberapa negara akan menyusul Korsel dan Singapura di jurang resesi. Sebab, pertumbuhan ekonomi beberapa negara tersebut sudah minus pada kuartal I 2020. 

Pertama, Inggris. Ekonomi negara yang baru saja keluar dari Uni Eropa itu diperkirakan akan minus 17,9 persen pada kuartal II 2020. Sebelumnya, Inggris sudah minus 1,6 persen pada kuartal I 2020. 

Kedua, Jerman, dengan proyeksi ekonomi minus 11,9 persen pada kuartal II 2020 dari sebelumnya sudah minus 2,3 persen.

Ketiga, Prancis, yang diproyeksikan memburuk ke minus 19,6 persen pada kuartal II 2020 dari sebelumnya sudah minus 5 persen. 

Keempat, Jepang. Proyeksi Bloomberg, ekonomi Negeri Sakura akan minus 8,3 persen pada kuartal II 2020. Sementara pada kuartal I 2020, Jepang sudah minus 1,7 persen. 

Proyeksi negatif dari survei Bloomberg juga menyasar Indonesia. Namun, resesi belum akan menimpa Indonesia pada kuartal II 2020 karena ekonomi kuartal I 2020 masih positif 2,97 persen. 

"Indonesia, menurut Bloomberg, akan lebih dalam dari minus 3,1 persen menjadi minus 3,4 persen pada kuartal II 2020," ucap Sri Mulyani, dikutip Kamis (23/7).

Sementara, proyeksi lain dari lembaga riset internasional, Morgan Stanley, memperkirakan negara Asia lain yang akan jatuh ke jurang resesi adalah Hong Kong. Ekonomi Hong Kong yang sudah minus 8,9 persen diperkirakan akan memburuk ke minus 9,4 persen pada kuartal II 2020. 

Di Asia Tenggara, ada Filipina dan Thailand yang akan masuk jurang resesi. Ekonomi Filipina diperkirakan minus 14 persen pada kuartal II 2020 dari sebelumnya sudah minus 0,2 persen. 

Sedangkan Thailand diramal minus 10 persen dari sebelumnya sudah minus 1,8 persen pada kuartal I 2020. 

Komentar

Loading...