Unduh Aplikasi

Curi Komputer Sekolah, Dua Warga Langsa Diringkus Polisi

Curi Komputer Sekolah, Dua Warga Langsa Diringkus Polisi
Ilustrasi. Foto: Net

LANGSA - Personil Satreskrim Polres Langsa menangkap dua pencuri barang investaris SMPN 8 Langsa. Akibatnya dua pelaku harus mendekam di jeruji besi.

Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan melalui Kasat Reskrim Iptu Arief Sukmo Wibowo, Senin (9/12) mengatakan, dua tersangka itu ditangkap ditempat dan waktu berbeda.

Adapun dua tersangka yakni, JU (27) warga Gampong Lengkong, Kecamatan Langsa Baro dan MI (17) warga Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa.

Kasat Reskrim menjelaskan, tersangka pertama yang tertangkap yaitu JU, dia ditangkap pada Jum'at (6/12) di Gampong Seuriget sekitar pukul 22.30 WIB. Saat ditangkap tersangka JU sedang bersama AA, namun AA berhasil kabur.

Usai ditangkap, tersangka JU mengaku saat melakukan pencurian investaris SMPN 8 Langsa tidak sendirian, namun dibantu dua orang temannya berinisial MI dan AA.

Dari tersangka JU, petugas mengamankan barang bukti berupa dua unit komputer merk Acer, dua keyboard komputer dan dua unit stabilizer dirumahnya.

Hasil pengakuan tersangka JU, kata Kasat Reskrim, petugas juga mengamankan barang bukti lain yang disimpan disemak-semak dekat SMPN 8 Langsa. Adapun barang bukti yang disimpan disemak-semak itu yaitu, tiga unit stabilizer.

Tidak sampai disitu, petugas kembali melakukan interogasi, dan tersangka JU kembali mengaku ada menyimpan satu unit komputer dan satu unit stabilizer di rumah temannya berinisial MR.

"Komputer tersebut mulanya mau dijual kepada MR, namun temannya MR tidak mau membeli lalu tersangka JU meminta tolong agar komputer itu dititip sementara dirumah MR," jelas Kasat Reskrim.

Usai menangkap tersangka JU dan mengamankan sejumlah barang bukti, selanjutnya petugas melakukan pengembangan dan berhasil menangkap tersangka MI pada Sabtu (6/12).

Tersangka MI ditangkap saat berada di jalan Medan-Banda Aceh tepatnya di Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka JU dan tersangka MI beserta barang bukti saat ini telah diamankan di Polres Langsa guna proses hukum lebih lanjut, sementara tersangka AA telah dimasukan ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Akibat perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 362 ayat 2 KUHPidana dengan pidana penjara maksimal 9 tahun kurungan," ungkap Kasat Reskrim.

Komentar

Loading...