Unduh Aplikasi

Cuaca ektrim, pasokan ikan menurun harga melambung

Cuaca ektrim, pasokan ikan menurun harga melambung
Indonesiarayanews, Ilustrasi/Indonesiarayanews
BANDA ACEH - Musim angin timur atau barat yang melanda kawasan perairan Aceh akhir-akhir ini menyebabkan gelombang mencapai ketinggian 1 meter. Hal ini membuat nelayan, khususnya di kawasan Banda Aceh enggan melaut , akibatnya ikan langka di pasaran dan harga semakin melambung.

Selain angin dan gelombang tinggi, cuaca pun ekstrim, sehingga aktifitas nelayan di laut terbatas. Nelayan lebih memilih merapat ke pelabuhan dan untuk mengisi waktu luang digunakan untuk memperbaiki jala dan memperbaiki kapal.

Seperti pantauan AJNN.Net di sekitar perairan Lampulo, Kamis (27/2/14), terlihat banyak kapal-kapal nelayan besar yang merapat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bojang (28), nelayan tangkap ikan jaring yang biasa melaut di lautan lepas sekitar lautan Aceh, mengaku lebih memilih merapat ke pelabuhan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saat ini angin sangat kuat, disertai dengan gelombang laut mencapai satu meter, banyak nelayan yang memilih merapat ke pelabuhahan. Memang setiap tahun pada musim angin timur atau barat ini dipastikan ombak akan naik, sehingga kami memilih merapat ke darat," Ujarnya saat ditemui di kapal yang tengah mengecek keadaan kapal.

Dia juga menambahkan, bila dipaksakan melaut akan mengalami kerugian, selain ikan juga susah ditangkap pada musim angin seperti ini, juga bisa merugi dalam hal biaya operasional kapal.

"Karena , ini disebabkan selain ikan yang susah ditangkap, juga biaya membeli bahan bakar kapal bertambah. Mesin harus melawan kuatnya ombak, sehingga harus bekerja ekstra. Tidak seperti saat suasana laut cerah dan tenang. Perbandingannya bila dibandingkan dengan saat musim ini jauh lebih besar," .

"Saya lebih memilih untuk merapat di pelabuhan dari pada harus melaut, selain itu juga memberikan waktu kepada anak buah kapal (ABK) untuk liburan. Memang akhir dari musim angin sekarang ini diperkirakan biasanya akan berakhir awal bulan," ungkapnya.

Dia pun mengatakan, sangat wajar bila harga ikan naik, karena dapat dipastikan hampir semua nelayan tidak melaut, sehingga pasokan ikan segar ke pasar berkurang. Diperkirakan yang banyak pasok ikan kecil.

Sementara itu, berapa pedagang ikan Penayong mengatakan, memang harga ikan laut mengalami kenaikan. Selain itu ikan yang dijual di pasaran sangat terbatas, hanya ikan-ikan kecil yang ada.

 

| ABIK
Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...