Unduh Aplikasi

Cuaca Buruk Sebabkan Harga Cabai Naik di Aceh Barat

Cuaca Buruk Sebabkan Harga Cabai Naik di Aceh Barat
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Cuaca buruk yang melanda Aceh Barat sejak dua pekan terakhir membuat harga cabai merah di kabupaten tersebut naik. Harga cabai merah yang sebelumnya dijual Rp 25 ribu rupiah per kilogram naik menjadi Rp 45 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pedagang kebutuhan pokok di Komplek Pasar Bina Usaha (KPBU) Meulaboh, Mahdi mengatakan, selama dua pekan terakhir beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga di Pasar Bina Usaha Meulaboh yaitu seperti cabai merah dan bawang merah.

“Untuk cabai merah itu mengalami kenaikan. Untuk bawang merah sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram saat ini terpaksa dijual Rp 35 ribu," kata Mahdi, Selasa (20/10).

Meski harga cabai merah alami kenaikan, kata Mahdi, akan tetapi harga jualnya terjadi penurunan dibanding pekan lalu yang mencapai Rp 55 ribu per kilogramnya.

“Faktor yang menyebabkan kenaikan harga ini adalah faktor cuaca, karena sekarang cuacanya ekstrim jadi berpengaruh, seperti cabai kan mungkin ada yang petani cabai, tapi tidak ada yang petik,” katanya.

Kata dia, jika keadaan cuaca yang masih tidak membaik dan hujan terus berlangsung, maka persedian bahan kebutuhan pokok seperti cabai akan berkurang dan terbatas, karena proses tanam dan panen akan terhambat hingga berpengaruh pada pasokan.

Menurutnya, untuk persedian bahan kebutuhan pokok seperti cabai merah dan bawang merah di Pasar Bina Usaha Meulaboh dan termasuk di tempat penjualannya diperkirakan hanya bertahan selama seminggu kedepan.

"Kalau untuk bawang merah kami dari Padang. Kalau lokal kita kurang disini, jadi persediannya juga terancam menipis," ucapnya.

Komentar

Loading...