Unduh Aplikasi

Cerita Hilllary Brigitta, Anggota DPR Termuda, Punya Harta Rp 9 Miliar

Cerita Hilllary Brigitta, Anggota DPR Termuda, Punya Harta Rp 9 Miliar
Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

JAKARTA - Hillary Brigitta Lasut menjadi bintang parlemen saat memimpin sidang paripurna pelantikan anggota MPR-DPR pada Senin (1/10) dilanjutkan sidang pelantikan pimpinan.

Dia menjadi anggota DPR termuda di usia 23 tahun dari dapil Sulawesi Utara melalui Partai NasDem. Selain aksinya di sidang paripurna, dara kelahiran Manado itu juga disorot karena di usia belia punya harta Rp 9,1 miliar.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di KPK, Brigitta punya harta Rp 9,1 miliar yang terdiri dari tanah dan bangunan Rp 19 miliar, mobil Datsun Go Rp 80 juta, harta bergerak lain Rp 495 juta, harta lainnya Rp 253 juta, dan hutan Rp 11,1 miliar.

Kepada kumparan, anak Bupati Kepulauan Talaud terpilih, Elly Engelbert Lasut, itu menyebut LHKPN dia susun apa adanya sesuai harta yang dia punya sehingga benar hartanya Rp 9,1 miliar.

"Saya jujur masukkan semuanya, padahal saya dengar teman-teman yang lain 'kamu masukin dikit-dikit saja, jadi enggak ketahuan asetnya yang mana'," ucap Brigitta kepada kumparan, Jumat (4/10).

Dia menyebut harta Rp 9,1 miliar itu terbesar berasal dari warisan kakek dan nenek berupa rumah yang sudah tercatat dengan namanya sendiri. Sumber kekayaan lain, Brigitta mengaku punya perusahaan.

"Rp 9,1 miliar itu sudah terdiri dari perusahaan, rumah, mobil, tas, jam tangan, Iphone. Baju harga lebih dari Rp 1 juta saya tulis semuanya," tuturnya.

Namun, baginya harta Rp 9 miliar di Jakarta tentu tidak bisa dibandingkan dengan di daerah. Dalam hal ini tercatat memiliki tanah dan bangunan 10x21 m2 di Jakbar senilai Rp 12,5 miliar. Di Minahasa Selatan tanah dan bangunan 1.150x250 m2 senilai Rp 7 miliar.

"Harga di Jakarta misalnya Rp 5 miliar, sudah ada rumah dan lain-lain. Jadi bisa kebayang duit saya sebenarnya ada berapa," terang putri dari Telly Tjanggulung, Bupati Minahasa pada 2008-2013 itu.

Brigitta tak merinci utang Rp 11 miliar dalam LHKPN-nya, namun dia menyebut punya perusahaan. Hal lain yang menarik dalam LHKPN ternyata Brigitta hanya memiliki mobil LGCC seharga Rp 80 juta, Datsun Go.

"Saya bukan orang bermasalah dengan naik apa saja. Itu mobil pun nyicil sendiri pakai duit jajan, sempat kerja dapat duit, cicil. Saya pakai saja, bangga juga bisa nyicil sendiri. Waktu S1 beasiswa dikasih kerja, setelah kerja, bisa nyicil mobil sendiri semampunya saja," bebernya.

"Santai saja orang bilang LCGC jadi pilihan, memang kenyataan begitu. Tapi sekarang sudah di DPR, sesekali pinjam mobil papa dan mama biar enggak terlalu dihina," pungkasnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...