Unduh Aplikasi

Cerita Abu Doto Perjuangkan KEK Lhokseumawe

Cerita Abu Doto Perjuangkan KEK Lhokseumawe
Abu Doto disela-sela peluncururan buku Perjuangan Tanpa Akhir. Foto: AJNN/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Mantan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah masih ingat betul bagaimana usahanya memperjuangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe.

Sejak awal, dirinya ingin Aceh menjadi pengusul yang akan mengelola atau mengendalikan KEK Lhokseumawe. Dimana setiap Presiden Joko Widodo ke Aceh, Abu Doto--sapaan Zaini Abdullah--selalu menyampaikan terkait pengelolaan KEK itu.

Kata Abu Doto, dalam rapat terbatas yang dilakukan Presiden, Aceh sudah diberikan kesempatan untuk menjadi pengusul. Namun usaha yang dilakukannya itu sia-sia hanya dalam hitungan tiga bulan. Dimana ketika dirinya masuk dalam masa cuti Pilkada 2017, Plt Gubernur Aceh yang dikirim dari Jakarta mengubah semua mimpinya itu.

Baca: Zaini Abdullah Tolak Pengusulan KEK Arun Lhokseumawe oleh Konsorsium BUMN

"Saya cuti, semua diubah, habis semua diubah, selama tiga bulan, yang ditugaskan lain, malah lain yang dikerjakan. Belum lagi tangan-tangan gatal yang lain, makanya kita naik darah juga, kalau gak tahan bisa stroke, tapi Allhamdulillah masih diberi kesempatan," kata Zaini Abdullah dalam peluncuran bukunya Perjuangan Tanpa Akhir, Senin (31/8) di Hotel Kriyad.

Ia sangat kesal dengan sikap Plt Gubernur Aceh saat itu. Padahal KEK Lhokseumawe merupakan rahmat yang diberikan Allah SWT untuk masyarakat Aceh, tinggal bagaimana Aceh mengelola yang sudah ada itu.

Baca: KEK Aceh (Bukan) Dalam Kendali Soedarmo

"Aset sudah ada, tempat simpan gas sudah ada, pelabuhan ada, itu aset Aceh dan modal Aceh sebagai pengusul," ungkapnya.

Menurutnya apa yang terjadi hari ini merupakan sebuah kegagalan yang dilakukan oleh tangan-tangan gatal yang mengubah semuanya, KEK akhirnya tidak jalan sama sekali. Dimana Aceh masuk dalam konsorsium bersama BUMN.

"Kantor KEK sekarang kosong, kalau dulu tidak ada yang mengubah apa yang sudah kita susun, Aceh tinggal mencari investor karena fasilitas sudah ada semua," jelasnya.

Komentar

Loading...