Unduh Aplikasi

Cegah Wabah Corona, Wisata Pantai Menye Ditutup untuk Pengunjung

Cegah Wabah Corona, Wisata Pantai Menye Ditutup untuk Pengunjung
Dermaga Pantai Menye yang ditutup untuk pengunjung. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam.

ACEH TENGAH - Objek wisata Pantai Menye (Dermaga pantai Menye) yang berada di kecamatan Bintang, Aceh Tengah, ditutup untuk pengunjung. Penutupan ini sebagai upaya pencegahan meluasnya wabah Virus Corona (Covid-19).

Pemerintah pusat dan Aceh sendiri sudah memberlakukan pembatasan sosial (Social Distancing) untuk menjaga jarak atau upaya tindakan pengendalian infeksi untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular untuk semua masyarakatnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Menye, Hamdani kepada AJNN mengatakan bahwa lokasi wisata yang mereka kelola ditutup sejak hari Selasa 17 Maret 2020 lalu, dan baru akan dibuka kembali pada Sabtu depan, 28 Maret 2020.

"Tapi rencana pembukaan ini tergantung situasi dan kondisi bang, kita menunggu petunjuk dari pihak terkait," ujar Hamdani kepada AJNN, Minggu (22/3/2020) di Takengon.

Selain itu Hamdani menjelaskan bahwa penutupan ini juga terkait dengan surat edaran Bupati Aceh Tengah Nomor : 556/896/DISPARPORA/2020 Tentang himbauan penutupan sementara pengelolaan objek wisata di Kabupaten Aceh Tengah.

 Kertas Pengumuman dari pengelola.Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam.

AJNN yang datang ke lokasi wisata. Pantai Menye melihat pintu masuk ke dalam dermaga dipasang balok kayu da tulisan "Tutup" untuk menghalangi pengunjung menerobos kedalam dermaga. Namun upaya dari pengelola tersebut masih bisa diakali oleh sejumlah pengunjung untuk masuk.

"Saat yang jaga keluar sebentar, pengunjung yang didominasi warga luar kabupaten Aceh Tengah tersebut langsung masuk dan berfoto-foto ria, sehingga kami terpaksa meminta mereka untuk keluar dari lokasi," ujar Herman salah seorang penjaga lokasi wisata tersebut kepada AJNN.

AJNN juga sempat mewawancarai seorang pengunjung di dermaga pantai Menye. Pengunjung yang tidak mau menyebutkan namanya tersebut mengaku datang dari Lhokseumawe bersama teman - temannya. Saat AJNN menanyakan apakah tahu tentang social distancing, mereka mengaku tahu tapi rasa jenuh di rumah, membuat mereka ingin menikmati keindahan alam Aceh Tengah.

Sejumlah pengunjung yang datang sempat datang ke lokasi wisata pantai Menye. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam.

"Tau bang, tapi kami suntuk kali kalau cuma di rumah aja," ujar pengunjung tersebut dengan raut muka kesal.

Mereka yang datang ke lokasi sebagian besar secara berkelompok atau rombongan dan usia mereka rata - rata masih remaja. Hanya sebagian kecil yang membawa keluarga. Selain dari Lhokseumawe, ada juga pengunjung dari Aceh Utara dan Bireuen.

 

Komentar

Loading...