Unduh Aplikasi

Cegah TKI Pulang Ilegal, Polda Patroli Sisir Pantai Timur Aceh

Cegah TKI Pulang Ilegal, Polda Patroli Sisir Pantai Timur Aceh
Dir Polair Polda Aceh (tengah) didampingi Kapolres dan Bupati Aceh Tamiang saat hendak berangkat patroli udara dari lapangan Polres Aceh Tamiang. Foto: For AJNN

ACEH TAMIANG - Polda Aceh terus memperketat pengawasan di pantai timur Aceh untuk mencegah maraknya TKI asal Aceh di Malaysia pulang secara ilegal melalui jalur laut. Hari ini, Kamis (9/4) Dir Polair Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro turun langsung ke pantai timur Aceh untuk memantau giat patroli.

Tak tanggung-tanggung, Polair Polda Aceh menerjunkan lima unit kapal patroli untuk menyisir wilayah pantai timur Aceh yang meliputi perairan Aceh Tamiang, Langsa dan Aceh Timur.

Jemmy Rosdiantoro sendiri hari ini melakukan pemantauan dengan mengggunakan helikopter sekaligus melakukan patroli udara.

"Wilayah laut dan pesisir Aceh Tamiang merupakan pintu gerbang masuk Aceh, karena itu kami secara intensif terus melakukan pemantauan terhadap para TKI yang pulang melalui jalur laut," kata Jemmy kepada wartawan di halaman Mapolres Aceh Tamiang sebelum berangkat melakukan patroli udara dengan helikopter.

Kata Jemmy, wilayah laut pantai timur Aceh sangat luas, saat ini ada lima kapal yang melakukan patroli secara bergantian dan merathon.

"Pak Kapolda Aceh pun telah memerintahkan untuk stand by-kan helikopter apabila sewaktu-waktu dibutuhkan sudah siap bergerak,"ujarnya.

Jemmy menyebutkan, dari patroli yang telah dilaksanakan belum ditemukan adanya kapal yang membawa kepulangan TKI.

"Pada dasarnya dan biasanya juga TKI ini pulang melalui jalur yang ada transportasinya, kalau Aceh kan tidak ada tranportasi laut antara Aceh dengan Malaysia atau negara lainnya, tapi yang ada di Batam serta wilayah Sumatera Utara, mungkin TKI jika pulang melalui jalur dimaksud," ungkap Jemmy.

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang, Mursil didampingi Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian menyampaikan apresiasi sebesar - besarnya kepada Polda Aceh dan jajarannya yang telah berperan aktif menjaga wilayah laut Aceh Tamiang, terlebih upaya pencegahan dan penyebaran virus covid-19.

"Kami tidak bisa menjamin ada atau tidaknya TKI yang pulang dari jalur laut, khususnya wilayah Aceh Tamiang, namun dengan adanya kapal patroli Kepolisian yang melakukan patroli rutin sehingga bisa terpantau jika TKI yang pulang ke Aceh Tamiang maupun wilayah Aceh lainnya," ungkap Mursil.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...