Unduh Aplikasi

Cegah Penyeludupan, Bea Cukai Sebar Spanduk Larangan di Ulee Lheue

Cegah Penyeludupan, Bea Cukai Sebar Spanduk Larangan di Ulee Lheue
BANDA ACEH - Kantor Pelayanan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Banda Aceh memasang sejumlah spanduk dan stiker di lingkungan pelabuhan Ulee Lheue, Selasa (2/8). Pemasangan bertujuan meminimalisir aksi penyeludupan barang-barang dari kawasan pelabuhan bebas Sabang ke Banda Aceh yang kerap terjadi selama ini.                                    

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Banda Aceh, Dede Ferdian mengatakan aksi pemasangan merupakan upaya mewujudkan pelabuhan yang tertib dan meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum terkait ketentuan kepabeanan.                      

"Ini merupakan upaya salah satu upaya pencegahan yang kami lakukan agar barang kawasan bebas tidak dibawa ke Banda Aceh. Jadi tidak hanya penindakan," kata Dede Ferdian, Selasa (2/8).                                

Menurut Dede, meski pemasangan spanduk dan stiker imbauan baru dilakukan namun tindakan pencegahan seperti menegur warga yang membawa barang kawasan bebas telah dilakukan sebelumnya. Tindakan tersebut seperti melarang barang-barang asal Sabang diturunkan pelaku penyeludupan dari Kapal Motor Penumpang yang melayani rute Banda Aceh-Sabang.          

"Memang selama ini cenderung ke penindakan, tapi seruan dan imbauan secara lisan sebenarnya juga kami lakukan jika ada upaya-upaya pembawaan gula/beras ketan dari kawasan bebas," kata Dede.  

Dikatakan, upaya sosialisasi tersebut juga dilakukan di dua sisi, Balohan dan Ulee Lheue. Dengan sosialisasi dari dua sisi tersebut diharap upaya penyeludupan semakin diminimalisir .                                                  

"Melalui pemasangan spanduk dan stiker ini kami juga ingin mengingatkan masyarakat bahwa memasukkan barang dari Ek Kawasan Bebas yang belum diselesaikan kewajiban pabeannya merupakan kegiatan melanggar hukum," kata Dede.                    

Selain di lingkungan pelabuhan, pemasangan spanduk dan stiker juga dilakukan petugas di dalam kapal yang melayani rute Sabang Banda Aceh.

Komentar

Loading...