Unduh Aplikasi

Cegah Penyebaran Covid 19, Unsyiah Meniadakan Wisuda

Cegah Penyebaran Covid 19, Unsyiah Meniadakan Wisuda
Rektor Unsyiah Prof. Ir. Samsul Rizal. Foto; Tommy

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) memutuskan untuk meniadakan prosesi wisuda untuk periode Februari - April 2020.

Peniadaan wisuda tersebut berdasarkan Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Akademik Nomor: B/1525/UN11/ WA.00.01/2020. Keputusan ini diambil masa pencegahan penyebaran covid 19 di lingkungan Unsyiah telah diperpanjang.

Rektor Unsyiah Prof Ir Samsul Rizal mengatakan berdasarkan keputusan tersebut maka lulusan Unsyiah untuk periode kali ini langsung diberikan ijazah. Rencananya, ijazah tersebut akan diberikan pada Mei 2020.

"Ijazah diberikan langsung kepada lulusan dengan cara mengambilnya di Sub Bagian  Akademik Fakultas/Pascasarjana masing-masing. Proses pengambilan ijazah harus mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19," kata Rektor, Kamis (2/4).

Ia menyebutkan pihak Unsyiah harus mengambil kebijakan tersebut mengingat kondisi wabah covid 19 sampai saat ini belum mereda.

"Ini salah satu upaya physical distancing menghindari pertemuan besar atau kerumunan orang," ucapnya.

Meskipun demikian, pihaknya memastikan bahwa hal tersebut tidak mengurangi makna kelulusan bagi setiap alumni Unsyiah.

"Bagi sebagian orang wisuda adalah momen yang sangat berharga. Tapi kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk melaksanakan hal itu. Unsyiah tetap bangga dan mengapresiasi setiap lulusannya," ucapnya.

Selain itu, lanjut Rektor, peniadaan wisuda juga bertujuan agar lulusan Unsyiah bisa segera mendapatkan ijazah, tanpa harus menunggu prosesi wisuda yang belum bisa dipastikan pelaksanaannya.

"Jadi kita putuskan untuk meniadakan wisuda kali ini, sehingga lulusan Unsyiah bisa segera memiliki ijazah dan bisa memanfaatkan ijazahnya untuk mencari kerja atau hal lainnya," katanya.

Ia juga menyebutkan jika kondisi telah kondusif, maka wisuda periode Mei - Juli bisa dilaksanakan pada Agustus.

"Lulusan periode Februari – April 2020, bisa mendaftarkan dirinya untuk mengikuti wisuda pada bulan Agustus ini," jelasnya.

Seperti diketahui, Unsyiah melalui Surat Edaran Rektor telah memperpanjang masa pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Unsyiah, yang sebelumnya sampai 30 Maret 2020 diperpanjang sampai akhir semester genap 2019/2020 dan kegiatan akademik di kampus dihentikan sementara.

 

Komentar

Loading...