Unduh Aplikasi

Cegah Penyebaran Covid-19, Baitul Mal Antarkan Langsung Zakat ke Rumah Penerima

Cegah Penyebaran Covid-19, Baitul Mal Antarkan Langsung Zakat ke Rumah Penerima
Kepala Badan Baitul Mal Aceh Barat, Teungku Bachtiar

ACEH BARAT- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyalurkan Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) kepada masyarakat kurang mampu yang terdiri dari senif fakir, miskin, fakir uzur dan amil Baitul Mal gampong. Adapun jumlah bantuan yang disalurkan senilai 8,529 miliar rupiah lebih.

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan Baitul Mal Kabupaten setempat dengan cara mengantarkan langsung ke rumah-rumah penerima, tidak lagi mengumpulkan massa dalam satu lokasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Pola ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease atau Covid 19.

Kepala Badan Baitul Mal Aceh Barat, Teungku Bachtiar mengatakan, untuk tahun ini zakat dibagikan lebih awal mengingat kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sedang terdegradasi akibat merebaknya penyebaran virus corona di Aceh

“Sampai dengan hari ini kita telah salurkan di 5 kecamatan antara lain, Woyla Barat, Woyla Timur, Sungai Mas, Arongan Lambalek dan Bubon, sedangkan kecamatan lain masih dalam proses pembagian,” kata Teungku Bachtiar, Rabu, (8/4)

Dikatakan, pola penyaluran langsung ke rumah itu dilakukan dengan membentuk enam tim, setiap tim terdiri dari enam anggota.

Baitul Mal Aceh Barat, kata Bachtiar, menargetkan bantuan tersebut dapat tersalurkan dalam waktu dua belas hari ke depan.

“Kita mengantar lengsung rumah kerumah guna menghindari kerumunan massa. Kita menargetkan dalam waktu 12 hari selesa penyalurannya,” ucap Bachtiar.

Bachtiar menjelaskan, zakat senilai sebesar Rp. 8.52 miliar lebih itu terbagi dari fakir sebanyak 4.800 orang penerima, dengan besaran yang diterima Rp. 500.000 perk Kepala Keluarga

Lalu untuk senif miskin 7.500 penerima dengan besaran Rp. 500.000 per orang, sedangkan untuk senif fakir uzur dialokasikan sebesar Rp.765.000.000 yang disalurkan kepada 255 penerima dengan besaran yang diterima Rp.3.000.000 sedangkan.

“Untuk senif amil baitul mal gampong dialokasikan anggaran sebesar 174 juta rupiah yang diperuntukan bagi 696 orang dengan besaran 250 ribu per jiwa,” ungkapnya

Para penemerima bantuan tersebut, kata dia, merupakan usulan dari Pemerintah Desa setempat kepada Baitul Mall Kabupaten. Dengan demikian, kata dia, penyalurannya lebih tepat sasaran lantaran pemerintah desa lebih tahu penerima yang tepat atas bantuan tersebut.

Komentar

Loading...