Unduh Aplikasi

Cegah Paparan Debu, Mifa Bersaudara Lakukan Penghijauan

Cegah Paparan Debu, Mifa Bersaudara Lakukan Penghijauan
Pemukiman warga berada di tengah-tengah antara PLTU dan Mifa Bersaudara. Foto: Investigas GeRAK Aceh.

ACEH BARAT - PT Mifa Bersaudara mulai melakukan penghijauan disekitar stockpile (penumpukan) batubara perusahaan untuk meminimalisir paparan debu batubara yang masuk ke pemukiman warga Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.

Penghijauan dilakukan dengan menanam pohon cemara yang diyakini mampu menahan partikel debu, sehingga paparan debu dapat berkurang.

CSR dan Corcom Manager PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza, mengatakan perusahaan tersebut berkomitmen menanam 2500 batang keras di kawasan pelabuhan dan stockpile batubara.

“Saat ini sebanyak seribu batang pohon telah tuntas kami tanam di daerah kawasan aktivitas pertambangan dan stockpile,” kata Azizon.

Azizon menyebutkan selain pohon cemara, jenis pohon lainnya juga akan ditanam dalam penghijauan termasuk pohon bambu dan ketapang. Penanaman tiga jenis tanaman keras itu telah dilakukan sejak tahun 2013 lalu.

Namun, kata dia, penanaman yang dilakukan sejak tahun 2013 lalu sempat mati lantaran dirusak oleh ternak milik warga yang barada dikawasan pertambangan. Penanaman pohon tersebut selain benteng untuk menghindari paparan debu batubara juga untuk kelestarian lingkungan.

“Apalagi perawatan dilaksanakan secara intensif, bersama pengawasan penuh tim ahli. Batang keras yang difokuskan penanaman area paling berdekatan dengan permukiman penduduk atau lalu lintas jalan antar provinsi,” ungkapnya.

Komentar

Loading...