Unduh Aplikasi

Cegah Konflik, FKUB Singkil Jalin Kerjasama Dengan UIN Ar Raniry

Cegah Konflik, FKUB Singkil Jalin Kerjasama Dengan UIN Ar Raniry
ACEH SINGKIL - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh Singkil mengikat kerjasama dengan Universitas Islam Negri (UIN) Ar Raniri Program Study Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, kerjasama dijalin sebagai upaya pencegahan dini konflik Suku, Agama dan Ras (Sara) di Kabupaten yang berpenduduk heterogen itu.

Kemitraan tersebut ditandai dengan penandatanganan bersama naskah memorandum of understanding (MOU) oleh Ketua FKUB Drs.Ramlan dan Muhammad Sahlan Ketua Prodi Sosiologi Agama Fakultas Usluhuddin dan Filsafat UIN Ar Raniry, Rabu (24/8) disaksikan oleh Kepala Solihin Miza Kepala Kantor Kementrian Agama setempat.

"Mudahan kerjasama ini dapat memperkuat kerjasama dalam trilogi kerjasama yang mengikat, yaitu Pelatihan, pendidikan dan penelitian," harap Ramlan Ketua FKUB Aceh Singkil.

Muhamad Sahlan, Ketua Prodi Sosiologi agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar Raniry menyakini jika konflik agama yang terjadi di Aceh Singkil beberapa waktu lalu itu dapat dicegah melalui upaya deteksi dini dengan pendekatan secara preventif dan persuasif, dengan kemitraan yang terjalin ia berharap pontensi konflik dapat di deteksi sejak secara dini.

"Jadi sebelum konflik terjadi kami sudah harus membaca situasi dengan membuat peta konflik dan segera melakukan pendekatan kepada masyarakat," kata Muhammad Sahlan.

Menurutnya situasi dilapangan harus dapat di petakan sehingga segera dapat dilakukan upaya proteksi atau pencegahan, kami akan membantu untuk kordinasi, tambah Sahlan.

Komentar

Loading...